Warnai Puisi, DPRD Inhu Sahkan APBD Inhu 2023 Sebesar 1,5 Triliun Pada Malam Hari

Warnai Puisi, DPRD Inhu Sahkan APBD Inhu 2023 Sebesar 1,5 Triliun Pada Malam Hari
Bagikan

METRORAKYAT.COM, INDRAGIRI HULU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kabupaten Inhu mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (R-APBD ) menjadi Perda APBD murni   tahun anggaran 2023 dalam rapat paripurna pada Malam hari Rabu (30/11/2022) sebesar 1.550.478.806.098.

Pengesahan APBD Inhu kali ini suasana berbeda karena di warnai puisi yang di bacakan langsung oleh anggota Badan Anggaran ( Banggar ) DPRD Inhu Dodi Irawan pada saat berlangsungnya rapat paripurna tersebut.

Rapat paripurna pengesahan APBD murni tahun anggaran 2023 dipimpin oleh Ketua DPRD Inhu, Elda Suhanura, Wakil Ketua DPRD Inhu, Masyrullah dan Suwardi Ritonga yang di hadiri Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi,Wakil Bupati Inhu, Junaidi Rachmat, Forkopimda, Sekda Inhu, Sekwan,Kepala OPD, Camat, BUMN, BUMD dan dari 40 anggota Dewan hanya 28 yang hadir.

Sebelum DPRD Inhu menyetujui  pengesahan APBD murni tahun anggaran 2023 secara bersama sama dalam rapat paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Inhu, Elda Suhanura itu, juru bicara Badan Anggaran ( Banggar) DPRD, Dodi Irawan menyampaikan,bahwa  hasil kerja pembahasan Badan Anggaran DPRD dengan TAPD Pemerintah Inhu.

Kemudian, dilanjutkan  pembahasan oleh  pokja I dan Pokja II  bersama OPD Pemerintah Inhu untuk sebagaimana tugas  fungsi DPRD adalah fungsi anggaran yang diwujudkan dalam persetujuan bersama terhadap APBD, sehingga besar APBD murni tahun anggaran 2023 sebesar 1,5 triliun.

Selanjutnya dalam penyampaian hasil pembahasan tersebut pihaknya  langsung  membacakan sebuah puisi yang berjudul Gelinding bola Qatar hingga para undangan tepuk tangan.

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD Inhu telah disahkan APBD Inhu tahun anggaran 2023 untuk melanjutkan pembangunan Daerah Kabupaten Inhu.

“APBD Inhu tahun anggaran 2023 disesuaikan dengan arah kebijakan pembangunan Inhu yang merupakan prioritas dan tertuang dalam kebijakan umum APBD, dan plafon anggaran sementara tahun anggaran 2023,” katanya.

Bupati Inhu menambahkan, bahwa APBD ini nantinya akan secepatnya  disampaikan ke Gubernur untuk di evaluasi untuk kemudian  ditetapkan menjadi Perda dan diundangkan dalam lembaran daerah.

Pada kesempatan itu Bupati Inhu juga menghimbau kepala seluruh kepala perangkat daerah dan unit kerja  untuk segera mempersiapkan seluruh administrasi, prosedur teknis dan langkah langkah percepatan pelaksanaan program dan kegiatan.

” Siapkan schedule dan laksanakan segera, karena apa yang telah dianggarkan menjadi kewajiban yang melekat dan dipertanggung jawabkan oleh perangkat daerah masing masing, baik progres,manfaat maupun dampaknya bagi pembangunan Inhu secara umum, ” ungkapnya ( MR/Ob )

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.