Resmikan Program Bersih ke-12, Kapolres Inhu Pamit Pada Masyarakat

Resmikan Program Bersih ke-12, Kapolres Inhu Pamit Pada Masyarakat
Bagikan

METRORAKYAT.COM, INDRAGIRI HULU – Saat peresmian rumah hasil program Bedah Rumah Presisi Indragiri Hulu (Bersih) ke-12, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Indragiri Hulu, Polda Riau, AKBP Bachtiar Alponso, S.I.K., M.Si mohon pamit pada masyarakat Kabupaten Inhu, terkait telah turunnya surat mutasi pada 24 Desember 2022 lalu.

Sontak saja, hal ini membuat seluruh tamu dan undangan yang hadir saat peresmian rumah program Bersih ke-12 menjadi haru dan sedih, pasalnya, AKBP Bachtiar Alponso, S.I.K., M.Si merupakan inisiator program Bersih serta progam kemanusiaan lainnya yang telah dilaksanakan selama ia bertugas di Polres Inhu.

Permohonan pamit untuk pindah tugas,ini disampaikan Kapolres dalam sambutannya, beberapa saat sebelum meresmikan rumah milik Jusliati, di Jalan Pematang Indah, Kelurahan Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat, Rabu 27 Desember 2022 siang.

“Alhamdulillah, hari ini kami dapat menyelesaikan program Bersih ke-12 di Kecamatan Rengat Barat, sebelumnya, Jumat 23 Desember 2022 kemarin, kami resmikan pula rumah program Bersih ke-11 di Kecamatan Batang Cenaku,” ungkap Kapolres.

Kapolres mengucapkan terima pada seluruh tim, khususnya para donatur, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Inhu yang ikut membantu pembangunan rumah program Bersih ke-12 di Kelurahan Pematang Reba.

Dijelaskan Kapolres, progam ini sengaja ia beri nama Bedah Rumah Presisi Indragiri Hulu, tanpa mencantumkan nama Polres Inhu, sebab ia ingin bersatu, bersama-sama dengan seluruh komponen yang ada untuk membantu meringankan program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan serta menolong masyarakat yang belum memiliki rumah layak huni, menjadi rumah yang layak.

“Niat saya, minimal masing-masing 14 Kecamatan di Kabupaten Inhu dapat direalisasikan 1 unit, namun baru terlaksana 12 unit pada 10 Kecamatan,” ucap Kapolres.

Berarti, lanjutnya, masih ada 4 Kecamatan lagi yang belum terlaksana, yakni, Kecamatan Seberida, Rakit Kulim, Peranap dan Batang Peranap. Mengingat pada 24 Desember 2022 lalu, surat pindah tugas Kapolres ke Polda Riau telah turun, maka target realisasi 14 Kecamatan tidak bisa tercapai. “Saya berharap, nantinya pengganti saya dapat melanjutkan program kemanusiaan ini,” imbuh Kapolres.

Kapolres berharap, tim Bersih harus tetap semangat bersama Kapolres yang baru nantinya, serta para donatur untuk tetap memberikan sumbangsih dan bantuan dalam menyukseskan program ini.

Selain Bersih, masih ada program kemanusiaan dan sosial masyarakat yang telah dilaksanakan Polres Inhu, seperti  program Jumat Berbagi Berkah ke Masyarakat (Jubah Emas), kemudian bidang pendidikan, ada juga program Polisi Inspektur Upacara di Sekolahan Oleh Perwira Polres Inhu (Situan Raja).

Bahkan, masih ada program lain yang belum sempat terlaksana, yakni, Polisi Sahabat Milenial Anti Narkoba (Si Batman). “Semoga program ini dapat dilaksanakan oleh Kapolres baru,” tambahnya.

Pada kesempatan yang baik itu, Kapolres mohon maaf kepada segenap lapisan masyarakat Kabupaten Inhu, sebab belum bisa berbuat lebih banyak dan Kapolres juga mohon maaf apabila selama 1 tahun 4 bulan lebih bertugas di Kabupaten Inhu, baik ucapan, tingkah laku, maupun perbuatan yang sengaja atau tidak sengaja.

Sementara, pemilik rumah, yang diwakili Lurah Pematang Reba, Suyono, S.Sos mengatakan, mewakili ibu Jusliati, pihak keluarga sangat terharu dan berterima kasih sebesar-besarnya pada Kapolres Inhu yang telah mewujudkan rumah impian yang layak.

“Terima kasih pak Kapolres, tanpa program ini, mungkin bu Jusliati belum bisa menempati rumah yang layak seperti sekarang ini, sebab kondisi ekonominya sangat memperihatinkan,” pungkas Lurah.

Setelah itu, Kapolres Inhu, didampingi pemilik rumah menggunting pita dan menyerahkan kunci sebagai tanda rumah itu siap dihuni oleh pemilik, dilanjutkan dengan peninjauan rumah.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Dandim 0302 Inhu, diwakili Danramil 01 Rengat, Kapten Inf Ardiyasman, Ketua PN Rengat, Chandra Gautama, S.H., M.H, Kejari Inhu, Romiyasi, S.H, Ketua Baznas Kabupaten Inhu, Drs. Hasman, Kasat Binmas Polres Inhu, AKP Buha Siahaan, S.H.

Kapolsek Rengat Barat, AKP Deni Afrial, S.Pi., M.H, Kanit Provost Si Propam Polres Inhu, Iptu Andraleksi, KBO Sat Intelkam Polres Inhu, Iptu Baharudin DM, S.Sos, Camat Rengat Barat yang diwakili Sekcam, Lisnar Manaf, S.K.M, Kepala KUA Rengat Barat yang diwakili Ustadz Surya Darma.

Kepala BNI Cabang Rengat, Budi Iklasia, Lurah Pematang Reba, PS Kasium Polsek Rengat Barat, Aiptu Nasrul, PS Kasubsi Penmas Polres Inhu, Aipda Misran, PS Kanit Lantas Polsek Rengat Barat, Aipda Sudirman, ketua LAMR Rengat Barat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pihak keluarga penerima program Bersih ( MR/Ob )

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.