Kunjungi SMAN 1 Pantai Cermin, Ini Arahan Kapolres Sergai

Kunjungi SMAN 1 Pantai Cermin, Ini Arahan Kapolres Sergai

METRORAKYAT.COM, SERGAI – Polres Serdang Bedagai (Sergai), Polda Sumatera Utara (Sumut) lakukan kunjungan silaturahmi dibeberapa sekolah guna memberikan pencerahan dan motivasi kepada para pelajar untuk tidak mengikuti genk motor dan mengantisipasi adanya tawuran antar pelajar serta bahaya narkoba.

“Saat ini tawuran antar pelajar sering terjadi serta munculnya genk – genk motor. Untuk itu dihimbau agar para pelajar jangan sampai bergabung dengan yang namanya genk motor dan terlibat aksi tawuran,” kata Kapolres Sergai AKBP Dr. Ali Machfud, SIK, MIK dihadapan para siswa/i kelas X, XI dan XII SMAN 1 Pantai Cermin, Dusun III Desa Kotapari, Kecamatan Pantai Cermin, saat melakukan kunjungan, Sabtu (3/12/2022).

Sebab lanjut Kapolres, jika bergabung dengan genk motor, akan memunculkan etno nasionalisme (budaya kelompok), maka hidupmu akan menjadi rencana hidup orang lain.

Orang nomor satu di Mapolres Sergai itu menyampaikan, tujuan kedatangannya dalam rangka silaturahmi dengan pelajar dan menshare pengetahuan untuk bekal kedepannya, sehingga para siswa/i lebih serius dan konsentrasi dalam menuntut ilmu di sekolah.

Terkait narkoba, Kapolres Sergai AKBP Ali Machfud mengatakan narkoba itu sangat berbahaya, ada zat adiksi yang langsung ke pusat saraf atau otak kecil, serta menjadi ketergantungan.

Selain itu dampak atau efeknya banyak seperti efek adiksi dan domino serta menyebabkan halusinasi sehingga tidak menutup kemungkinan anggota gemot juga banyak terpengaruh dengan narkoba.

“Untuk itu kepada pelajar jauhi yang namanya narkoba, jauhi pergaulan bebas. Tetaplah fokus belajar dan bangun budaya Literasi, karena keberuntungan itu pasti dipersiapkan,” bilang AKBP Ali Machfud.

AKBP Ali Machfud juga menjelaskan, bagi siapapun yang bersalah pasti akan diproses hukum sesuai dengan kesalahannya. Jika pelakunya adalah pelajar atau anak – anak hukumannya tetap sama, namun saja prosesnya berbeda.

Begitu juga dengan orang tua atau wali turut diperiksa dan wajib melakukan pendampingan sampai proses sidang.

“Kita semua tidak mengetahui kita akan jadi apa, tetapi kita harus mempersiapkan diri kita untuk menjadi apa saja,” pungkasnya.

Dikesempatan itu Kepala SMAN 1 Pantai Cermin, Abdul Kholik Lubis, S. Pd menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kunjungan Kapolres Sergai serta jajaran di sekolahnya.

“Semoga semua arahan dan motivasi yang diberikan bapak Kapolres bermanfaat serta dapat diamalkan oleh siswa/ i SMAN 1 Pantai Cermin,” ucap Abdul Kholik.

Ia juga berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan dan bisa menjadi jadwal rutin.

“Kami siap menerima kembali kunjungan bapak Kapolres Sergai,” ungkapnya.

Turut mendampingi Kapolres Sergai, Kapolsek Pantai Cermin IPTU M. Tambunan, SH beserta anggota, Kasat Binmas IPTU R. Panjaitan, SE beserta anggota Sat Binmas, dan dihadiri oleh para guru dan seluruh siswa/i SMAN 1 Pantai Cermin. (MR/AS)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.