Sudah Tradisi Jelang Nataru Harga Tomat di Pasar Pasar Kabupaten Malang Mengalami Kenaikkan

Sudah Tradisi Jelang Nataru Harga Tomat di Pasar Pasar Kabupaten Malang Mengalami Kenaikkan

METRORAKYAT.COM, MALANG – Jelang datangnya Natal dan Tahun Baru, harga kebutuhan dapur di sinyalir mengalami kenaikkan, hal itu terpantau di sejumlah pasar di Kabupaten Malang .

Selain bahan – bahan lainnya , tampaknya buah tomat mengalami Kenalkan, Selasa (29/11/2022) harga tomat di pasar Kepanjen Rp 16 ribu per kilogram.

Dapat di bilang sejak akhir September hingga saat ini, harga tomat mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Hal itu di sampaikan oleh Analisis Perdagangan Ahli Modal, Rahmat Ernawan Papeo, harga tomat pada 25 September 2022 diangka Rp 4 ribu.

“Seperti kita ketahui , jelang hari atau momen besar ,harga kebutuhan dapur itu mengalai kenaikan, seperti Harga tomat mulai ada kenaikan di bulan Oktober sampai November ini dari harga Rp 4 ribu per kilogram, sekarang menjadi Rp 15 ribu per kilogram,” ujar Rahmat .

Harga tomat di 21 pasar yang ada di Kabupaten Malang tidak sama. Dan harga ini masih bisa berubah.kenaikan harga tomat ini diakibatkan pengaruh cuaca yang cukup ekstrem belakangan ini.

“Faktor utama penyebab naiknya harga tomat adalah ,Cuaca hujan seperti ini mempengaruhi hasil panen tomat, kadang buahnya banyak yang busuk. Sehingga stok tomat pun terbatas untuk dijual kenaikan harga tomat juga dipengaruhi menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru)”, tegasnya.

Memang bukan rahasia umum lagi, menjelang hari libur harga barang biasanya terpantau naik Kenaikan harga tomat juga belum diprediksi sampai kapan.

Di pasar Kepanjen Kabupaten Malang , harga tomat yang dijual pedagang rata-rata Rp 16 ribu per kilogram ,.pedagang sayuran di Pasar Kepanjen mengatakan harga tomat mengalami kenaikkan.

“Untuk harga tomat sekarang harganya Rp 16 ribu per kilogram, sebelumnya Rp 14 ribu sampai Rp 18 ribu,” ujar pedagang.(MR/P.D).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.