Pemkab Samosir Serahkan Traktor Bantuan Kementan RI Kepada Kelompok Tani.

Pemkab Samosir Serahkan Traktor Bantuan Kementan RI Kepada Kelompok Tani.
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Melalui sinergitas dengan pemerintah pusat, usulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir untuk mendapat peralatan pertanian membuahkan hasil. Kementerian Pertanian (Kementan) RI memberikan satu unit traktor roda empat guna membantu petani di Samosir.

Bantuan yang diserahkan Bupati Samosir melalui Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Tumiur Gultom didampingi Kepala Dinas Kominfo, Immanuel Sitanggang kepada Jasitor Simbolon selaku ketua kelompok Tani Bina Bersama 1, Desa Sijambur Ronggur Nihuta, Jumat (11/11/2022), Samosir.

Kadis Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir, Tumiur Gultom menjelaskan, bantuan tersebut merupakan usulan dari Pemkab melalui Dinas Ketapang dan Pertanian. Usulan mendapat respon positif dari Kementan yang menyatakan, adanya alokasi satu unit traktor roda empat untuk Samosir. Dengan disetujuinya usulan tersebut, kemudian Dinas Ketapang dan Pertanian pada bulan Oktober mengirimkan nama calon kelompok tani penerima.

“Jadi, bantuan ini dari Kementan ke Pemkab Samosir dan selanjutnya Dinas menyerahkan kepada kelompok tani Bina Bersama 1”, jelasnya.

Ditambahkan dia, bantuan tidak terlepas dari perhatian dari berbagai pihak yang menginginkan kemajuan teknologi Pertanian di Samosir. Dalam hal ini, Tumiur menyampaikan ucapan Terima kasih kepada Anggota DPR RI, Djarot Saiful Hidayat yang juga menjalin komunikasi dengan Kementan sehingga usulan terealisasi.

Ketua Gapoktan Bina Bersama 1, Jasitor Simbolon menandatangani serah terima traktor. Serah terima barang disertai dengan penandatangan fakta integritas dan Surat Perjanjian Pendayagunaan Bantuan Sarana Prapanen.

Jasitor Simbolon bersama anggota kelompok Tani Bina Bersama 1 mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemkab Samosir atas perhatian dan bantuan yang diberikan.

Selain bantuan dari kementan ini, dalam waktu dekat Pemkab akan menyerahkan 2 unit traktor bersumber dari APBD Samosir 2022.

Dalam pengoperasian traktor, nantinya akan ada pendampingan dari Dinas Ketapang dan Pertanian sehingga penggunaan bantuan betul-betul tepat sasaran dan tidak dimonopoli maupun disalahgunakan. “Hal ini juga sesuai dengan fakta integritas yang ditanda tangani ketua kelompok tani penerima,” ucap dia. (MR/156).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.