Wajah Baru Desa Bagan Kuala “Kampung Kito” di Serdang Bedagai

Wajah Baru Desa Bagan Kuala “Kampung Kito” di Serdang Bedagai
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SERGAI – Desa Bagan Kuala adalah salah satu dari 8 desa yang ada di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut) berubah secara signifikan dengan wajah baru.

Wajah baru itu terlihat telah dibangunnya tugu di atas pasir putih pinggir pantai yang bertuliskan “Pantai Merdeka” dengan warna warni, pondok – pondok untuk para pengunjung berteduh dan jembatan kayu menuju lokasi pantai yang dibangun oleh Lantamal I Belawan.

Selain itu, Lantamal 1 Belawan juga membangun Gapura secara permanen tepatnya di pintu masuk desa tersebut dengan tulisan “Kampung Bahari Nusantara Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Sergai”.

Hal ini menunjukan bahwa Desa Bagan Kuala adalah satu – satunya desa yang ada di Kecamatan Tanjung Beringin akan menjadi objek wisata atau Desa Wisata.

Perubahan wajah baru itu sudah dilakukan Safril semenjak dirinya menjadi Kepala Desa (Kades) Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin yang saat ini sudah menjabat dua periode yang bekerjasama dengan Lantamal 1 Belawan dan dukungan masyarakatnya.

Pada tahun 2014 pertama menjabat sebagai Kades Bagan Kuala, Safril berusaha melakukan perubahan dengan segi mineside (pola pikir) masyarakatnya untuk tetap menjaga dan merawat serta memajukan apa yang menjadi kebanggaan di desa tersebut.

Selain itu, Safril juga terus melakukan pengembangan dan pembenahan untuk menjadikan Desa Bagan Kuala sebagai salah satu Desa Wisata di Kecamatan Tanjung Beringin, ditambah lagi adanya Pulau Berhala yang merupakan pulau terluar dan termasuk dalam wilayah Desa Bagan Kuala.

“Ini semua kita lakukan untuk menjadikan Desa Bagan Kuala sebagai Desa Wisata di Tanjung Beringin,” kata Safril Kades Bagan Kuala kepada metrorakyat.com, Senin (5/9/2022) saat melakukan kunjungan di desa tersebut.

Menurut Safril, selaku kepala desa yang merupakan kelahiran di Desa Bagan Kuala sudah tentu secara otomatis adalah warga di desa ini dan seharusnya dapat mendukung untuk memajukan desa.

Untuk itu lanjut Safril, semenjak terpilih dan dipercayakan masyarakat menjadi Kepala Desa Bagan Kuala periode kedua pada tahun 2019, dirinya terus berjibaku bersama masyarakat dan bekerjasama dengan Lantamal 1 Belawan untuk melakukan perubahan dengan Wajah Baru Desa Bagan Kuala “Kampung Kito” yang sesuai dengan visi misi untuk menjadikan Desa Bagan Kuala sebagai Desa Wisata.

“Desa kita sudah memiliki wajah baru dengan membangun tugu di pinggiran pantai, pondok – pondok, jembatan kayu menuju pantai dan pembangunan gapura pintu masuk Desa Bagan Kuala yang dibangun oleh Lantamal 1 Belawan,” sebut Safril.

Masih kata Safril, Pemerintah Desa Bagan Kuala juga membangun tugu di persimpangan jalan utama menuju permukiman warga dengan tulisan Welcome To Desa Bagan Kuala “Kampung Kito”.

Jadi dengan adanya perubahan dan wajah baru di desa ini, maka kita harapkan Desa Bagan Kuala akan semakin maju dan menjadi desa wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan dari dalam daerah maupun luar daerah, pungkas Safril.

Heri (44) salah satu pengunjung Pantai Merdeka, warga Desa Pekan Tanjung Beringin menuturkan sangat kagum dengan perubahan desa ini khususnya pantinya yang sekarang nampak bersih dari sampah dan disepanjang pantainya juga ditanami pohon – pohon yang nantinya bakal menjadikan pantai yang indah bersih dan sejuk. Semua ini tidak terlepas dari kerja keras kepala desa pak Safril dan dukungan dari masyarakat desa Bagan Kuala.

“Ini saya rasakan sebelumnya, dan sekarang memang jauh perubahannya sejak Safril menjabat memimpin sebagai Kades Bagan Kuala, desa ini terlihat perubahan sangat cepat. Suasana desa terlihat hidup dibuatnya, apalagi dengan adanya Ikon desa dan Ikon Pantai Merdeka. Istilahnya ada Wajah Baru di Desa Bagan Kuala,” ungkapnya.

Sebagai pengunjung di pantai ini sambung Heri, ia berharap semoga dapat menjadi Ikon wisata khususnya di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai yang bisa di banggakan.

“Saya sebagai pengunjung sangat bangga akan pantai kita dapat menjadi objek wisata,” ucap Heri. (MR/AS)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.