oleh

TNI, POLRI, PEMDA, KPH XII TU, Dan TPL Sosialisasikan Pencegahan Kebakaran Hutan

METRORAKYAT.COM, TAPUT – Sinergitas TNI, POLRI Polsek Parmonangan, USPIKA, KPH XII TU, dan TPL dalam hal pencegahan kebakaran hutan terus dilaksanakan di wilayah kecamatan Parmonangan kabupaten Tapanuli Utara.

Hari ini Kamis ( 11/08/2022) di Balai desa Aek raja USPIKA Kecamatan Parmonangan bersama dengan KPH XII dan Perusahaan Toba Pulp Lestari ( TPL) melaksanakan sosialisasi ke masyarakat 5 desa tentang UU No 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup pasal 69 ayat 1 huruf H dan pasal 108 ancaman huluman pidana dan denda 10 Miliyar.

Kegiatan sosialisasi dibuka dengan doa pembukaan oleh bapak M. Manalu.
Dalam sambutannya Kapolsek Parmonangan AKP Hinca Marpaung M.Psi menyampaikan himbauan kepada masyarakat dari perwakilan 5 Desa agar menghentikan kegiatan pembersihan lahan pertanian dengan cara membakar. Apalagi mengingat kabupaten Taput masuk dalam peringkat ke 2 banyaknya terjadi kebakaran hutan dan lahan di jajaran Polda Sumut.

” Dalam jajaran Polda Sumut, kabupaten Taput masuk peringkat ke 2 dengan banyaknya kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu saya menghimbau sekaligus mengajak masyarakat untuk menjaga dan menghentikan kebakaran hutan dan lahan.

Dalam sambutannya Camat Parmonangan Lam Miduk Sinaga turut juga menghimbau kepada seluruh element masyarakat agar saling menjaga kekondusifan tentang kebakaran hutan dan lahan di wilayah kecamatan parmonangan.

Dalam sesi diskusi, kades Sisordak Sudihartono Purba menyampaikan permohonan kepada KPH XII TU agar dapat membantu masyarakat dalam pembibitan Pinus. Karena menurut kades, penanaman pohon Pinus merupakan salah satu antisipasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Dimana menurutnya banyak nya lahan terbakar dikarenakan banyaknya tumbuh lalang di tengah hutan. Dengan menanam pohon Pinus akan menghambat pertumbuhan lalang di hutan maupun di lahan masyarakat.

KPH XII TU Hombar Sinurat langsung menjawab permohonan yang disampaikan kades Sisordak.
” Kepada kades Sisordak segera agar membuatkan permohonan tersebut dan diantarkan langsung ke kantor” ucapnya

Mewakili perusahaan PT. TPL Sandro Damanik menjelaskan cara – cara penanganan ataupun antisipasi penanganan apabila terjadi kebakaran hutan di desa masing- masing.

Kegiatan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan ( KARHUTLA) dihadiri Kapolsek Parmonangan AKP. Hinca Marpaung M.Psi, Danramil Parmonangan Kapten Inf. Alpen Silalahi, Camat Parmonangan Lam Miduk Sinaga, Personil Polsek Parmonangan, Personil Koramil 08/ Parmonangan, KPH XII TU Hombar Sinurat, Humas TPL Jubpri Sibuea dan karyawan lainnya, Kades Sisordak Sudihartono Purba, Kades Aek Raja Ronal Manalu, Kades Hutatinggi Tegas Manalu, Perwakilan masyarakat dari lima desa yaitu desa Aek raja, Hutatinggi, Lobusunut, Sisordak, Horisan Ranggitgit.( MR/ANDOKY FERI WELLI MANALU )