SLCN BMKG Meningkatkan Pemahaman Cuaca, Keselamatan dan Kesejahteraan Nelayan Deli Serdang

SLCN BMKG Meningkatkan Pemahaman Cuaca, Keselamatan dan Kesejahteraan Nelayan Deli Serdang
Bagikan

METRORAKYAT.COM, LUBUK PAKAM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Melalui Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Medan melaksanakan kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) 2022 dengan mengusung tema “Dengan SLCN Nelayan Hebat, Selamat dan Sejahtera”. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Dinas Perikanan Kabupaten Deli serdang Proprinsi Sumatera Utara, Selasa (23/08/2022).

Hadir pada acara tersebut Anggota Komisi V DPR RI Irmadi Lubis yang juga sebagai mitra kerja BMKG , Deputi bidang Meteorologi Guswanto, Asisten II Bidang Ekonomi yang sekaligus sebagai PLT Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Deli Serdang, para Stakeholder mewakili HNSI Deli Serdang, Mewakili Polairud Turisno, mewakili Angkatan Laut Zabidi, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Balai MKG Wil I Medan Darmawan dan para KUPT BMKG Wil Medan. Juga Seluruh peserta dan seluruh undangan,

Menjadi tantangan berbagai sektor, termasuk perikanan untuk nelayan. Kegiatan ini mendorong edukasi nelayan supaya paham cuaca, dan dapat mengatur jadwal melaut mereka supaya terhindar dari gelombang tinggi dan juga menentukan zona mana yang banyak ikannya.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Belawan Medan, Sugiyono mengatakan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan ini memperkuat peran kelompok Nelayan, Penyuluh dan Instansi terkait dalam menyebarkan Informasi Cuaca dan Iklim BMKG kepada Nelayan. Para peserta yang dilatih ini, nantinya berperan sebagai “Agen BMKG ” yang meneruskan dan menyebarluaskan informasi Peringatan Dini dan Informasi Cuaca dan Iklim BMKG kepada Nelayan maupun masyarakat di sekitar mereka yang belum mengikuti pelatihan dan belum mengetahui informasi BMKG.

“Kita memilih kabupaten Deli Serdang karena wilayah kabupaten Deli Serdang itu seperti kita ketahui luas pantainya lumayan luas 65 km dari bibir pantai kemudian tujuan kita memberi edukasi, pembelajaran kepada nelayan masyarakat pesisir dan lingkungannya untuk paham terhadap informasi BMKG baik pada saat mau melaut, pada saat di laut maupun saat kembali lagi dari laut. Kami berharap kepada peserta ini kesempatan langka kesempatan penting sehingga kami berharap dari hasil sekolah lapang cuaca nelayan, kawan kawan dari nelayan bisa menerapkan bisa membaca informasi dari BMKG sehingga mereka melaut itu tidak lagi mencari ikan tetapi sudah tau tempat mana yang dituju. Jadi artinya tinggal menangkap ikanyang kemudian kondisi cuaca tentunya sudah diketahui. Tentunya dengan begitu akan mengurangi cost operasional atau biaya para nelayan.” Katanya

SLCN ini juga menjadi ajang pertukaran pengalaman antar nelayan dan narasumber dalam pengembangan sektor perikanan, tidak semua lokasi mendapat kesempatan memperoleh kegiatan SLCN maka kepada seluruh peserta agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini dan kepada para peserta dihimbau senantiasa menjaga Kesehatan dengan disiplin menerapkan protokol selama kegiatan berlangsung.

Dalam Sambutan Komisi V DPR RI Menyampaikan bahwa Sebagai anggota Komisi V beliau menyambut baik terhadap kegiatan ini karena ini adalah kegiatan yg nyata bagi nelayan agar nelayan semakin paham tentang cuaca , dan komisi V akan sangat mendukung pelaksanaan kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan.

“Kita inginnya yang ikuti pelatihan disini menjadi penyambung informasi BMKG, setelah latihan disini bisa menyebarkan ke teman nelayan lain yang tidak bisa ikut, sehingga nelayan lainnya juga mengerti tentang informasi cuaca maritim dari BMKG,”ujar Irmadi.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto pada acara tersebut menekankan pentingnya informasi cuaca dan iklim dalam mendukung Nawacita ketahanan pangan pemerintah. “BMKG mendukung meningkatkan pamahaman cuaca dan iklim kepada nelayan, pengoptimalisasi informasi cuaca dan iklim terhadap penyuluh nelayan dan dinas terkait. Agar informasi yang diberikan dapat di pahami dengan baik,”tegasnya.

Sementara Assisten II Bidang Ekonomi yang sekaligus sebagai PLT Kapala Dinas Perikanan Deli Serdang Putra Jaya Manalu yang mewakili Bupati menyampaikan rasa terimakasih kepada BMKG atas terlaksananya kegiatan ini,

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi Nelayan di Kabupaten Deli Serdang, ” Dalam Pelatihan ini supaya banyak diadakan dialog atau diskusi karena nelayan disini sudah punya kearifan lokal membaca cuaca secara tradisional , pelatihan ini tepat diadakan di masa Nelayan yang sudah bersiap untuk melaut sampai wilayah yang jauh, dan mendapat bekal ilmu Cuaca dari BMKG,” imbuh dia

Putra jaya manalu berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan rutin setiap tahun di Kabupaten Deli Serdang karena nelayan di Kabupaten ini cukup banyak dan tersebar di berbagai kecamatan. Pemerintah Daerah Kabupaten Deli Serdang khususnya Dinas Perikanan sangat berterimakasih atas adanya kegiatan ini serta siap mendukung untuk kegiatan selanjutnya.(MR/red)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.