Kurang Pengawas, Proyek Renovasi Puskesmas Langsa Lama Abaikan K3

Kurang Pengawas, Proyek Renovasi Puskesmas Langsa Lama Abaikan K3
Bagikan

METRORAKYAT.COM, LANGSA ACEH – Minimnya penerapan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) pada pelaksanaan pekerjaan proyek renovasi penambahan ruang puskesmas Langsa Lama, pembangunan yang dianggarkan dari (DAK Fisik) pada Dinas Kesehatan Kota Langsa masih kurang tegas tanpa adanya sebuah teguran.

Salah satunya pada proyek pembangunan Renovasi penambahan ruang puskesmas Langsa Lama, Kecamatan Langsa Lama dengan pagu anggaran Rp. 1.444.950.000.,- dikerjakan CV. SATYA BALADHIKA terlihat para pekerja tidak dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) saat bekerja. Diduga pihak Kontraktor sebagai pelaksana mengabaikan K3, tanpa memikirkan keselamatan para pekerja.

Dilokasi kegiatan renovasi penambahan ruang puskesmas Langsa Lama salah seorang pekerja tak mau disebutkan namanya mengatakan, untuk perlengkapan APD telah tersedia. Namun, sebagi pake dan sebagainya lagi tidak memakai tidak terbiasa memakai seperti sepatu bot, sarung tangan, masker juga helm.

“Kalau sepatu ada sih pak, cuma enakan pake sendal jepit,” tambahnya.

Ironisnya, karena kebiasaan tidak memakai APD sebagai keselamatan kerja pihak pengawas dan pihak kontraktor membiarkan tanpa ada teguran.

“Tidak pak tidak ada yang menegur dari pengawas maupun Kontraktor,” ucap seorang pekerja yang enggan disebutkan namanya, Kumis (4/8/2022).

Pengawas maupun PPTK dari dinas Kesehatan, tidak pernah datang kemari, kalau kontraktor nya ada datang kemarin dan kami bekerja pun baru lima hari masih tahap pembongkaran,” ujarnya.

Setiap Pekerja berhak atas perlindungan Keselamatan dan Kesejahteraan Kerja (K3). Serta wajib meletakan prinsip dasar pelaksanannya, di setiap proyek Pemerintah merupakan kewajiban pihak pelaksana, yang harus di instruksikan kepada para pekerjanya. Hal ini sesuai dengan UU No. 1/1970.

Ditempat terpisah, media mendatangi kantor dinas Kesehatan Kota Langsa yang berada di Gampong Serambi Indah Kecamatan Langsa Barat, untuk bertemu dengan Kadis dr. Akbar tidak berada di tempat padahal masih pukul.10.30 wib waktu jam kerja.

Kemudian media menjumpai Sekretaris dinas Kesehatan bernama Ibu Vona menanyakan, terkait sejumlah proyek yang lagi dikerjakan di puskesmas di bawah dinas Kesehatan Kota Langsa, siapa PPTK yang di tunjuk oleh pihak dinas. Namun sangat disayangkan Ibu Vona mengatakan tidak mengetahui siapa PPTK nya malah mengarah awak media untuk bertemu langsung dengan Kadis.

Sampai berita ini di muat pihak kontraktor dan PPTK dari Dinas Kesehatan Kota Langsa maupun pengawas belum dapat dikonfirmasi karena tidak berada ditempat.(MR/DANTON)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.