Kadisbudpar Aceh Buka Even Lomba Masak dan Pentas Seni Kuliner Di Aceh Timur

Kadisbudpar Aceh Buka Even Lomba Masak dan Pentas Seni Kuliner Di Aceh Timur
Bagikan

METRORAKYAT.COM, IDI RAYEUK – Metro Rakyat.com-Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, diwakili oleh Kabid Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh, Evi Mayasari, membuka even Lomba Masak dan Pentas Seni Kuliner Aceh Timur, yang digelar di Lapangan Pusat Pemerintahan Aceh Timur, Sabtu (27/8/2022).

Evi Mayasari dalam sambutannya saat membuka even ini mengatakan terselenggaranya Festival Kuliner Aceh Timur ini baik di Peureulak, maupun di Idi Rayeuk, adalah wujud kolaborasi Disbudpar Aceh dengan DPRA dan Pemkab Aceh Timur.

Kemudian dia juga menjelaskan bahwa waktu festival di Peureulak ada 20 UMKM ikut berpartisipasi, even ini memberikan penghasilan yang lumayan bagi UMKM, bahkan ada UMKM dalam 2 hari itu mendapatkan penghasilan 3-4 jutaan.

Karena itu, even ini diharapkan bisa menjadi stimulus bagi UMKM lainnya di Aceh Timur, dan Untuk memajukan Aceh Timur, agar dilirik oleh investor maupun pengusaha lainnya, ungkap Evi diperlukan kerjasama semua pihak.

Even lomba masak ini sendiri, jelasnya, agar Aceh Timur memiliki inovasi kuliner  lain dari kuliner yang sudah ada, seperti pisang sale, dan kuliner lainnya. Melalui even ini kita harapkan muncul kuliner lainnya yang bisa menjadi kuliner unggulan dan menu ikon daerah.

Aceh Timur, memiliki semangat yang sama dengan daerah lain di Aceh, untuk memajukan kebudayaan daerah. Seperti dua tahun terakhir ini, kata Evi, tim dari Aceh Timur telah mengusulkan pisang sale untuk mendapatkan sertifikat sebagai warisan budaya tak benda dari nasional.

Namun setelah kita koordinasikan dengan tim ahli dari pusat, ada beberapa syarat yang perlu dilengkapi. Namun pisang sale ini menjadi prioritas kita agar mendapatkan sertifikat sebagai warisan budaya tak benda,” tuturnya.

Lomba masak ini sendiri diikuti 24 TP PKK dari 24 kecamatan di Aceh Timur dan turut menghadirkan master chef nasional Surya. “TP PKK yang menang dalam lomba ini nantinya akan mendapatkan gelar sebagai master chef Aceh Timur,” pungkasnya.(MR/FZ)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.