oleh

Bupati Samosir : Peran akademisi sangat dibutuhkan Guna Pencapaian Visi-Misi

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Guna percepatan pembangunan juga meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Samosir, Bupati yang didampingi Kadis Pendidikan, Kadis Nakerkoperindag, Kadis Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa August Karo Karo, Kadis Pariwisata, Kadis Pertanian Tumiur Gultom, Plt. Kadis Kominfo Ricky Rumapea, Kakan Bapedda Litbang melakukan kunjungan kerja untuk menjalin kerjasama dengan Akademis Universitas HKBP Nommensen di Ruang Justin HKBP Nommensen, Selasa (9/8/2022).

Bupati Samosir bersama Rektor HKBP Nommensen Haposan Siallagan menandatangi perpanjangan kesepatakatan bersama/Memorandum Of Understanding (MoU). Kesepakatan tersebut berlaku selama lima tahun dengan lingkup Pendidikan Bidang Kedokteran, Hukum, Psikologi, Ekonomi dan Bisnis serta Penelitian dan Pengembangan pada Bidang Kebudayaan dan Pariwisata, Pertanian, Peternakan, Kesehatan dan Wawasan Kebangsaan dengan Pengabdian kepada Masyarakat.

Selain MoU juga melakukan Memorandum Of Agreetment (MoA) dengan Dinas Nakerkoperindag pada lingkup Pelaksanaan pendidikan pengajaran, penelitian Dosen dan Mahasiswa, Pelaksanaan pengabdian masyarakat, Implementasi Merdeka Belajar Kampus dan Bidang lain yang disaksikan langsung oleh Bupati dan Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan.

Selain itu Bupati Samosir mengucapkan terimakasih serta apresiasi atas kerjasama yang telah dijalin untuk membantu Samosir dalam percepatan pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia, dengan pelaksanaan MoU ini diharapkan dapat membangun SDM yang Unggul dan Bermartabat.

“MoU antara Pemkab Samosir dan Universitas Nommensen kiranya bukan semata sebagai dokumen, namun mempunyai arti dalam mengimplementasikan dalam membangun SDM yang unggul dan bermartabat untuk Samosir lebih baik”, ujarnya.

Ditambahkan, Pemkab Samosir dalam hal ini selalu membuka secara luas jejaring kemitraan dengan berbagai pihak dimana salah satunya adalah pihak Akademisi yang mempunyai dedikasi dalam pemberian perhatian serta kontribusi yang baik untuk mendukung program pemerintah dalam membentuk SDM yang unggul.

Sementara itu, Rektor Universitas HKBP Nommensen Haposan Siallagan turut menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Samosir atas kerjasama yang telah dilaksanakan dalam upaya meningkatkan SDM yang unggul, bermartabat dan pembangunan Samosir.

Disampaikan bahwa MoU tersebut merupakan program Kementerian Pendidikan dalam meningkatkan kegiatan belajar yang tertuang dalam program kampus merdeka, oleh karena itu seluruh perguruan tinggi dituntut untuk melakukan kerjasama, baik dengan pemerintah, pengusaha dan yang lainnya.

“Nantinya para mahasiswa akan belajar selama dua tahun di luar kampus bekerjasama dengan dinas-dinas terkait dan penilaiannya langsung dari Pemerintah”, ujar Rektor.

Kemudian, bahwa di Indonesia lima perguruan tinggi dipercayakan sebagai percontohan pemanfaatan tenaga surya oleh kementerian pendidikan dan PT. Wika dimana salah satunya adalah perguruan tinggi HKBP Nommensen melalui kerjasama Kementerian Pendidikan dengan PT. Wika. “Semoga nanti program ini dapat di kerjasamakan untuk membantu mewujudkan misi Pemerintah pusat yaitu green energi”, tambahnya.

Setelah acara MoU, Bupati bersama Rektor dan rombongan melihat langsung sistem tenaga surya yang telah di terapkan pada Universitas HKBP Nommensen. (MR/156).