oleh

W20 Summit, Bupati Samosir Berharap Unjungan Wisman Meningkat

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Bupati Vandiko T Gultom mengharapkan melalui pertemuan perempuan tingkat tinggi 20 negara (W20 Summit) selama tiga hari 19-21 Juli di Parapat dan Samosir kirannya dapat meningkatkan kunjungan wisatawan manca (Wisman) negara ke Danau Toba, khususnya wilayah Samosir.

“Melalui momentum W20 Summit diharapkan menjadi awal yang baik bagi peningkatan pariwisata dari mancanegara di Danau Toba dan peranan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khusunya yang di pimpin oleh kaum perempuan, tentu dibutuhkan guna menopang pariwisata,” ucap Bupati Samosir usai menghadiri penutupan W-20.
Dia meyakini melalui para peserta W20 Summit tentu akan mempromosikan juga menceritakan Destinasi Super Prioritas Danau Toba secara langsung kepada kerabat maupun keluarga di negara masing-masing, sehingga mereka akan datang kembali ke Samosir.

“Kita berharap dengan adanya pertemuan W20 Summit membawa dampak positif peningkatan kunjungan Wisman ke Samosir juga dapat meningkatakan perekonomian masyarakat Samosir”, harapnya.

Lanjutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Dinas Perindustrian dan perdagangan juga Dinas Pariwisata akan terus berupaya untuk mendukung variasi dan inovasi produk UMKM milik perempuan, sehingga layak ditawarkan kepada wisatawan ke depan.

“Pemkab Samosir melalui Disperindag akan mendorong serta melakukan pembinaan kepada para pelaku UMKM perempuan untuk meningkatkan kualitas produk, kemasan produk hingga membuka jaringan pemasaran internasional,” papar
Bupati Samosir yang didampingi beberapa SKPD.

Selain itu, berharap para perempuan pelaku usaha UMKM perempuan menjalin jaringan dengan komunitas atau organisasi perempuan dunia, harapnya. W20. (MR/156).