oleh

Aneh ! IKA Unsam Kembali Gelar Mubes Pertama

METRORAKYAT.COM, LANGSA – Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Alumni Universitas Samudra (IKA-Unsam) ke I yang akan digelar pada pada Sabtu (23/7/2022) di Aula Kampus setempat di Gampong Meurandeh terkesan aneh.

“Pasalnya, sepengetahuan saya, IKA Unsam pernah melaksanakan Mubes pasca penegrian tahun 2015 lalu,” ujar Mufti Ryansyah salah seorang alumni Unsam kepada metrorakyat.com Senin (18/07/2022).

Menurut Ryan sapaan akrabnya, Unsam sudah dinegrikan oleh Menteri Pendidikan saat itu M. Nuh 2013 lalu. Dan pada Sabtu, 9 Mai 2015 lalu sudah dilaksanakan Mubes I IKA Unsam.

Pada Mubes itu diikuti oleh seluruh alumni Unsam, ratusan alumni unsam datang ke Aula Cakra Donya (tempat pelaksanaan Mubes 2015 lalu). Berapa biaya yang dikucurkan, mau dibawa kemana pertanggungjawabannya.

Ditambahkan Ryan, saat itu, ada 2 bakal calon, pertama Ray Iskandar kedua Zarkasyi dan terpilih Zarkasyi sebagai Ketua IKA Unsam. Namun kenapa Sabtu besok dilaksanakan kembali mubes yang pertama.

Dirinya merasa miris, menganggap perhelatan Sabtu besok merupakan pembodohan, bukan rahasia umum setiap kali peningkatan akreditasi baik prodi, fakultas maupun universitas pasti mengusulkan kepengurusan alumni.

“Pertanyaannya, saat ini kepengurusan siapa yang dikirimkan rektorat untuk IKA Unsam, kan aneh?” ujar Alumni Teknik Industri Unsam ini.

Tak dipungkiri, sambung Aktivis kampus ini, meski saat mubes pertama dulu Ketua terpilih dalam hal ini Zarkasyi ada atau tidaknya di SK kan, namun kegiatan itu kan tetap berlangsung.

“Sementara, pada 2017 lalu juga telah dilaksanakan Mubeslub, terpilih Usman Abdullah dan telah dilantik. Tapi kenapa kali ini kembali disebut Mubes I, itupun belum lagi lagi dipertanyakan gimana mekanisme pemilihan mubes besok,” pungkas mantan Presma Unsam 2013-2014 ini miris.

Ryan yang juga Pengurus IKA Unsam mengingatkan kepada siapapun yang terlibat di kegiatan tersebut, jangan buat pembodohan apalagi pengaburan sejarah, karena sudah jelas Mubes I sudah dilaksanakan 2015 lalu.

Sementara, Ketua Panitia Mubes, Hasan Basri dikonfirmasi metrorakyat.com, Senin (18/07/2022) mengatakan pihaknya panitia hanya melaksanakan sesuai arahan Sekjen, Syahrul Atan saat rapat panitia.

“Arahan sekjen IKA Unsam saat 2017 Mubeslub terpilih Bpk Usman Abdullah, SE, karena sebelumnya ditetapkan oleh Rektor untuk kepentingan akreditasi Unsam. demikian penjelasan Sekjen IKA Unsam,” pungkas Hasan Basri via Whatsapp.(MR/FAHRID)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini: