oleh

Warga Baran Sering Dihantui Banjir, Ketua DPK LSM GAPENTA Kab. Karimun Desak Pemkab Karimun Segera Cari Solusi

METRORAKYAT.COM, KARIMUN – Cuaca hujan selama kurang lebih tiga jam dipagi hari, Sabtu, (25/06) membuat warga Karimun Panik dikarenakan banjir. Dilansir dari live salah satu akun facebook salah seorang pegiat medsos, Norliana, tampak banjir sampai masuk kerumah warga yang tinggal didaerah Baran Permai, Kelurahan Sungai Lakam Barat, Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun.

Lamhot Sinaga, salah seorang warga yang tinggal didaerah tersebut, mengatakan kepada metrorakyat.com Sabtu (25/06) bahwa setiap cuaca hujan durasi dua atau tiga jam, warga Baran Permai sudah dipastikan akan mengalami kebanjiran. Menurut calon suami boru malau tersebut, bahwa banjir di Baran Permai disebabkan meluapnya air dari arah SMK Vidya Sasana, dan parit yang menyalurkan air kelaut sangatlah kecil, tidak mampu menerima debit air akibat turunnya hujan.

“Kalau hujan turun dua atau tiga jam, rumah kami pasti banjir, karena saluran air terlalu kecil menampung air yang turun dari arah Vidya Sasana, sehingga air keluar dari parit, dan mengakibatkan banjir,”ungkapnya.

Dengan waktu yang sama, Ketua GAPENTA DPK Kabupaten Karimun Tua Simamora, ketika dimintai tanggapannya terkait banjir di Baran Permai, meminta kepada Pemerintah Kabupaten Karimun, melalui instansi terkait, untuk segera turun kelapangan dan mencari tahu penyebab banjir yang selalu terjadi di Baran Permai.

“Saya sangat prihatin dengan situasi warga di Baran Permai, sampai kapan mereka berlangganan dengan banjir?. Saya minta Pemerintah Kabupaten Karimun, untuk cepat tanggap terkait hal ini. Perlu saya beritahukan bahwa di Baran Permai bukan hanya pemukiman warga, namun ada juga beberapa rumah ibadah yang sama sekali tidak ada penjaga, atau penghuninya setiap hari, jika banjir seperti saat ini, maka semua peralatan gereja disana akan rusak terendam banjir. Saya juga mengharapkan, lurah sungai lakam barat untuk dapat sesekali turun, meninjau bagaimana situasi warga ketika dilanda banjir, sehingga lurah dapat memahami situasi warga,”ujarnya.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Karimun Cahyo ketika dikonfirmasi via telepon, mengatakan kepada metrorakyat.com, akan segera menurunkan tim ke Baran Permai dan beberapa titik yang rawan banjir dikarimun. ” Iya pak, nanti kita akan catat titik tersebut dan akan kita turunkan tim,”ujarnya ”
(MR/Lamhot)