oleh

Mangkrak, Proyek Pasar Didanai APBN dan APBA Kota Langsa Terbengkalai, Jadi Sorotan Warga dan LSM

METRORAKYAT.COM, LANGSA ACEH – Sejumlah proyek pembangunan pasar di Kota Langsa terbengkalai (mangkrak) yang menelan biaya puluhan miliar rupiah. Padahal, biaya pembangunan itu didanai APBN dan APBA Provinsi Aceh.

Namun, sangat disayangkan sejumlah proyek pembangunan itu terkesan sia-sia dan tidak ada manfaatnya untuk masyarakat Kota Langsa. Terkesan, proyek itu hanya menguntungkan pihak pelaksana proyek saja, karena usai dibangun tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Seperti proyek Pasar Gampong Buket Meutuah, Pasar Gampong Matang Cengai, pasar Gampong Alue Pineung, berada dalam Wilayah Kecamatan Langsa Timur. Kemudian Pasar Kebun Lama, di Kecamatan Langsa Lama. Pasar Gampong Lengkong, Pasar Gampong Timbang Langsa, di Kecamatan Langsa Baro. Pasar Gampong Kuala Langsa di Kecamatan Langsa Barat, dan yang terakhir Pasar Ikan Kota Langsa Gampong Blang Seunibong Kecamatan Langsa Kota.

Menanggapi banyaknya proyek pembangunan Pasar terbengkalai yang didanai APBN dan APBA di Kota Langsa. Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat LSM Suara Putra Aceh (SPA) Mustafa, AB mengaku sangat prihatin, karena proyek itu sia-sia.

“Ini menunjukkan Pemerintah Kota Langsa tidak matang dalam melakukan perencanaan dan peruntukkan dari pembangunan proyek tersebut. Akhirnya, dana puluhan miliar untuk bangunan proyek itu tidak ada manfaatnya untuk masyarakat,”kata Mustafa kepada media ini, Kamis (23/6/2022).

Ia menyampaikan, selama ini pihaknya selaku Sosial Kontrol pemerhati masyarakat di Kota Langsa dan mengamati. Seharusnya pelaksanaan proyek pembangunan yang ada di Kota Langsa seperti sejumlah proyek pembangunan Pasar bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Namun, apa yang terjadi sekarang banyak ditemukan bangunan yang Terbangkalai dan terkesan asal jadi.

“Mungkin bangunan sudah selesai, tapi aksesnya seperti jalan dan infrastruktur pendukung lainnya belum ada, artinya kan belum selesai juga. Jadi kami menilai Pemko Langsa dan dinas terkait dalam hal ini tidak pernah siap dan matang perencanaannya,”ungkap Mustafa, AB.

Untuk itu, ia meminta kepada Penegak hukum baik Kepolisian maupun Kejaksaan agar memanggil dan mengusut pihak- pihak terkait yang bertanggung jawab atas terbangkalai nya sejumlah proyek Pasar di Kota Langsa. “Hal ini penting dilakukan demi untuk kepentingan masyarakat,” tutup Mustafa.(MR/DANTON)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini:

Breaking News