Kabupaten Sergai Dapat Bantuan 994 Unit Rumah Program BSPS, Ini Kata Wabup Sergai

Kabupaten Sergai Dapat Bantuan 994 Unit Rumah Program BSPS, Ini Kata Wabup Sergai
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SERGAI – Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mendapat jatah 994 unit rumah dari 10 kecamatan yang tersebar di 21 desa. Ini merupakan hal yang sangat luar biasa dan salah satu upaya untuk mewujudkan visi Sergai yang “Maju Terus” terutama dalam hal masyarakat yang sejahtera lewat bantuan rumah yang layak huni.

Informasinya Kabupaten Sergai menjadi daerah nomor 2 terbanyak yang menjadi sasaran program serah terima buku tabungan se – Sumatera Utara setelah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Hal itu disampaikan Wabup Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan saat menghadiri serah terima buku tabungan kepada penerima program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Stadion Mini Desa Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai, Jumat (3/6/2022).

Wabup Sergai mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan, mengingat tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan rumah yang layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Tentunya ini bisa memberdayakan masyarakat berpenghasilan rendah agar mampu membangun atau meningkatkan kualitas rumah secara swadaya sehingga dapat menghuni rumah yang layak dalam lingkungan yang sehat dan aman,” ujarnya.

Wabup Sergai juga menyampaikan dengan program BSPS ini semoga kehidupan masyarakat di Serdang Bedagai dapat lebih baik dan dapat digunakan untuk membangun rumah yang layak huni.

Ia berharap kepada masyarakat penerima BSPS agar menggunakan bantuan ini dengan sebaik – baiknya dan membangun rumah yang benar – benar layak huni.

Bagi masyarakat yang belum mendapat program BSPS silahkan melengkapi persyaratan salah satunya surat tanah atas nama pribadi.

“Mudah – mudahan ini menjadi dampak positif dan mendapat bantuan lebih banyak lagi kedepan,” ucap Adlin Tambunan.

Dikesempatan itu Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera II Iswanto, ST, M.Si mengucapkan terimakasih kepada pihak pemerintah setempat atas dukungannya sehingga penyaluran BSPS ini dapat berjalan dengan baik.

Ia menyebutkan, dana stimulan yang diberikan untuk setiap penerima sebesar Rp 20 juta. Dimana Rp 17,5 juta dibelanjakan untuk material bangunan dan Rp 2,5 juta sisanya merupakan upah pekerja bangunan.

“Semoga dengan bantuan ini, masyarakat Sergai dapat membuat rumah layak huni, kokoh dan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya,” kata Iswanto.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sergai, Sofyan Suri, S.Sos, MM, melaporkan bahwa kegiatan ini dihadiri perwakilan 4 desa di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Tanjung Beringin dan Kecamatan Teluk Mengkudu dari total seluruhnya ada 21 desa yang mendapatkan alokasi bantuan BSPS.

“Ada sebanyak 994 unit rumah yang mendapat bantuan rumah layak huni di Kabupaten Sergai. Dan perwakilan desa hari ini dilakukan penyerahan buku tabungan secara simbolis adalah Desa Pekan Tanjung Beringin, Desa Nagur, Desa Pematang Kuala dan Desa Pasar Baru,” ungkap Sofyan.

Turut hadir dalam kegiatan itu Camat Tanjung Beringin Elmiati, S.AP, Camat Teluk Mengkudu, Danramil 11/TB, perwakilan Polsek Tanjung Beringin, Kabid Kawasan Permukiman Dinas Perkim Sergai Teguh Achmad Pane, ST, M.Si, Kepala Desa Nagur Ruslan, Kepala Desa Pekan Tanjung Beringin Ir. Indra Syahputra, serta para penerima Program BSPS. (MR/AS)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.