oleh

Akibat Jembatan Penghubung ke Desa Mosa Julu Putus, Akes Jalan Terganggu

METRORAKYAT.COM, TAPSEL – Hujan lebat yang turun telah mengakibatkan jembatan sepanjang 15 meter dengan lebar 5 meter rusak, akibatnya warga yang hendak menuju Mosa dan Mosa Julu Desa Gunung Baringin Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan, tidak dapat menyeberangi.

Menurut keterangan dari warga sekitar, Nurul Ritonga, bahwa rusaknya jembatan penghubung antar desa tersebut akibat curah hujan yang tinggi pada Rabu (22/6) dan mengakibatkan banjir sehingga terjadi longsor dan membuat batang kayu sebagai alas jalan putus, Kamis (23/6).

” Karena hujan deras, dasar jembatan longsor dan balok kayu yang selama ini dijadikan badan jalan pun ikut terbawa derasnya arus air. Akibatnya akses jalan menuju desa Mosa dan desa Mosa Julu terputus. Karena hanya jembatan itu satu-satunya akses menuju ke luar jika hendak ke kota juga,”kata Nurul.

Saat ini, sambung Nurul, warga terpaksa berusaha memperbaiki jembatan seadanya. Karena jika jembatan tidak segera diperbaiki maka, perekonomian warga yang memanfaatkan jembatan tersebut akan terancam. ” Warga sementara tidak dapat menjual hasil pertanian ke kota atau ke desa lain. Dari kota juga mau ke mari juga tidak bisa,”kata Nurul polos.

Warga, sambung Nurul Ritonga sudah melaporkan kejadian tersebut ke Kepala Desa Gunung Baringin dan ke pihak Kecamatan Angkola Selatan serta Dinas PU Kabupaten Tapsel agar jembatan segera dapat diperbaiki.

“Kebetulan kepala desa sedang berada tugas di luar daerah, dan kami juga sudah berusaha melaporkan kejadian ini langsung ke dinas PU, tapi belum ada respon. Maka itu kami secara swadaya mencoba memperbaiki jembatan yang rusak dan putus agar dapat dilewati sementara,”katanya lagi.

Warga desa Gunung Baringin pun berharap Pemkab Tapsel menganggarkan perbaikan jembatan dengan membangun jembatan permanen agar akses jalan warga dapat lancar dan transportasi jalan pun cepat.(MR/red)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini:

Breaking News