oleh

Rayakan HUT ke 5 Sekaligus Rakerda Media Online Metrorakyat.com, Ini Apresiasi dari PWI, SMSI, Dinas Kominfo Provinsi Sumut dan Kodam I/BB

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Setelah berkiprah selama lima (5) tahun dalam penyampaian informasi termasuk berita, media Metrorakyat.com kembali merayakan Hari Ulang Tahun nya yang ke-5 Tahun. Perayaan HUT yang ke-5 Tahun media online metrorakyat.com yang sudah memiliki biro-biro dan wartawan tersebut di seluruh daerah di Indonesia ini dilangsungkan di rumah Istambul lt.2, Madani Hotel Medan, Jalan SM Raja, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu, 14 Mei 2022.

Selain perayaan HUT yang ke 5 Tahun, media online dibawah naungan PT.Metro Rakyat Kreasi (PT.MRK) ini juga melangsungkan Rapat Kerja Daerah (Rakerda). Rakerda ini kata Irwan Manalu,SS yang merupakan Pimpinan Umum di Perusahaan tersebut adalah yang kali pertama dilaksanakan dan perayaan HUT ke 5 tahun media nya itu juga yang pertama dilakukan setelah 2 tahun masa Pandemi Covid-19 dan ditahun 2022 baru dapat dilaksanakan karena situasi pandemi sudah menurun.

“Memang setiap tahun, media online metrorakyat.com merayakan HUT nya meskipun tidak semeriah saat ini dan tidak ada menghadirkan nara sumber. Biasa nya hanya para wartawan saja,” kata wartawan yang berunit tugas di pemerintah pemko dan pemprovsu ini.

Disampaikan Irwan Manalu lagi, berdiri dan memiliki legalitas hukum resmi sejak tahun 2018 lalu, dan saat ini PT.Metro Rakyat Kreasi dan media online www.metrorakyat.com sudah terdaftar di dewan pers dengan status terverifikasi administrasi dan faktual.

” Ini adalah suatu hasil yang ditunggu-tunggu oleh semua pemilik perusahaan media. Dan ini modal dasar agar media tersebut mampu mengembangkan sayapnya untuk berkontribusi berita dan menjalin kerjasama kepada seluruh dinas di setiap kabupaten dan kota di berbagai daerah di Indonesia,”harap Wartawan yang telah memiliki sertifikat Uji Kompetensi Wartawan tingkat Madya ini saat membuka acara Perayaan HUT ke-5 Tahun dan Rakerda media Meyrorakyat.com di ruang Istambul hotel Madani Medan.

Melengkapi kata sambutan tersebut, Pemred Media Online Metrorakyat.com, Drs Jenda I Bangun mengatakan menyeluruh kepada seluruh Kabiro, biro dan wartawan yang tergabung di media online metrorakyat.com agar tetap konsisten dan menjadi wartawan yang profesional dengan pemberitahuan yang selalu mengutamakan ‘KONFIRMASI’, sebelum pembuatan berita.

Karena menurut wartawan senior ini, banyak isi pemberitaan itu yang menjadi masalah ketika diterbitkan atau ditayangkan dan dapat berdampak pada wartawan, redaktur, pemred dan perusahan media itu sendiri. Sebabnya karena belum adanya konfirnasi.

“Apa itu konfirmasi, ini adalah pengesahan atau ke absahan dari informasi yang akan kita tayangkan dari Nara sumber atau pihak yang akan diberitakan. Dan jangan lari dari UU No 40 Tahun 1999 serta Kode Etik Jurnalis,”tegasnya.

Jenda Bangun berharap, seluruh wartawan yang tergabung di media Metrorakyat.com di seluruh daerah mampu mandiri dan profesional dalam bertugas. Menjalin kerjasama dengan pihak pemerintah dan swasta serta melakukan pengembangan media dengan tetap berkontribusi terhadap perusahaan.

” Disinilah di uji kejujuran dan keterbukaan wartawan, mari kita besarkan media ini, jaga nama baiknya, jalin komunikasi baik dengan nara sumber dan berkontribusi berita dan lainnya agar perusahaan media ini dapat terus berjalan. Besarnya media, adalah juga kebesaran wartawan itu sendiri,”terangnya.

Mewakili Komisaris, Muhammad Wisnu Abdullah pada kesempatan itu menyampaikan selamat HUT ke-5 Media Metrorakyat.com. Wisnu juga menceritakan sedikit tentang sejarah berdirinya media metrorakyat.com yang mana penuh perjuangan. “Saat itu saya melihat, bg Irwan Manalu, sangat gigih membuat bagaimana media online metrorakyat.com ini terus eksis dan bahkan meskipun banyak rintangan dia tetap gigih sehingga sampai saat ini jumlah biro dan wartawan semakin bertambah di seluruh daerah di Indonesia. Dulu ada Alm. Ayah saya selaku salah satu pendiri, namun setelah tiada, dengan gigih nya bg Irwan Manalu dan tim termasuk saya turut membesarkan media ini sampai akhirnya dari usaha yang dilakukan kini sudah terdaftar di dewan pers secara faktual. Ini adalah proses yang sangat panjang. Semoga di usia yang ke 5 tahun media online metrorakyat.com semakin berkibar dan jaya. Meskipun di tengah kesibukan saya, tapi didalam hati saya dan perbuatan saya, tetap selalu mendoakan agar media online meyrorakyat.com semakin besar dan jaya,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, Farianda P Sinik yang diwakilkan oleh bidang organisasi Drs. Proklamasi Naibaho pada kata sambutannya mengatakan perkembangan teknologi modern saat ini telah membawa banyak perubahan dan salah satunya adalah media. Menurutnya, dijamannya, dimana sebelum ada media online, maka informasi sangat terbatas.

” Saat itu informasi dudapat dari televisi, radio dan koran cetak. Koran cetak harus yang memiliki oplah besar Agra informasi tersampaikan. Namun sesuai perkembangan jaman, dan lahirnya gadget, masyarakatpun sudah mendapatkan berbagai kemudahan, salah satunya informasi. Jadi bukan lagi ketika media yang tadi saya sebutkan informasi didapat namun banyak, seperti facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Dan terakhir munculnya website yang akhirnya dijadikan media online. Ini tidak bisa dihindari, inilah namanya perubahan yang harus diikuti dan tidak bisa dianggap enteng,”pesan mantan anggota DORD Kota Medan ini

Kalau dulu, tambahnya informasi bisa didapat dan terbatas, kalau sekarang informasi didapat tanpa batas. “Karena ruangannya ada di langit. Untuk itu sekali lagi atas nama PWI Sumut, saya mengucapkan selamat merayakan HUT ke 5 tahun dan selamat melaksanakan Rakerda, semoga media metrorakyat com dapat menjadi media inspiratif yang mencerdaskan masyarakat dan memberikan spirit baru,”ujar Proklamasi Naibaho.

Serikat Media Siber Sumut yang diwakilkan Sekretaris, Erris J Napitupulu mengatakan selamat merayakan HUT ke 5 media metrorakyat.com. Sebagai wadah dari perusahaan media Siber, Erris Napitupulu menghimbau agar semua perusahan media dapat melengkapi persyaratan agar dapat terdaftar di dewan pers. Karena kedepan, tanbahnya, pemerintah tidak akan menerima kerjasama dengan perusahaan media yang belum terdaftar di dewan pers secara nasional.

“Ada 21 persyaratan yang harus di penuhi agar dapat terdaftar di dewan pers. Dalam pelaksanaannya bukanlah mudah. Waktu 6 bulan paling cepat agar perusahaan pers itu dapat terverifikasi setelah melengkapi semua persyaratan yang diajukan. Kualitas berita, up to date, dan banyak hal yang harus disiapkan. Disitulah hadir SMSI agar dapat sebagai wadah bagi seluruh perusahan media Siber dan melalui SMSI yang sudah menjadi konstituen di dewan pers semoga mampu membawa perusahaan media untuk dilakukan verifikasi baik administrasi dan faktual,”ujar Pemred di salah satu media online Nasional ini.

Erris Napitupul pun mengajak perusahaan media diluar media online meteorakyat.com yang kebetulan di undang hadir di acara tersebut untuk menyiapkan segala berkas yang diminta (21 tahapan), termasuk SK Menkumhuma, OSS, akta notaris, terdaftar pajak, fasilitas kantor, izin domisili, dan lain sebagainya.

Mewakili Kodam I/BB yang diwakili Kasi Online, Mayor Masniar mengucapkan selamat atas usia ke 5 tahun Metrorakyat.com. Masniar pun mengatakan permohonan maaf atas ketidakhadiran Kapendam I/BB yang karena tugas mendadak tidak dapat hadir dan mendelegasikan dirinya untuk dapat menghadiri undangan HUT ke 5 media Online netrorakyat.com.

” Metrorakyat.com di Kodam 1/BB sudah familiar dan terdaftar sebagai wartawan yang bertugas unit di Humas Pendam. Untuk itu selamat kepada Bung Irwan Manalu dan Pemred, Jenda Bangun, semoga semakin eksis berkarya di kewartawanan,”tutupnya.

 

Sementara itu, Pjs.Kadis Kominfo Provinsi Sumatera Utara, Dr Kaiman Turnip yang di wakilkan oleh Aziz Batubara mengajak agar di usia 5 Tahun media online Metrorakyat.com dapat terus berkiprah memberikan kontribusi berita yang positip dan tidak hoax. Selain itu, Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara, agar kerjasama yang telah terjalin selama ini diantara keduanya dapat terus berjalan dan semakin sinergis.

“Secara umum kami di s komunikasi dan informatika provinsi Sumut selalu terbuka bagi semua media. Memang untuk kerjasama kami melakukan verifikasi yakni media yang telah berbadan hukum lengkap dan telah terverifikasi di dewan pers baik secara administrasi dan secara faktual. Karena melalui itu, kredibilitas media itu kami lihat,”sebutnya.

Aziz Batubara yang pernah juga menjabat PJs di Dinas Kominfo Sumut ini pun tidak lupa mengucapkan selamat merayakan HUT ke-5 Tahun Media Metrorakyat.com dan selamat melaksanakan Rakerda yang pertama.

” Semoga media metrorakyat com dapat menjadi media inspiratif yang mencerdaskan masyarakat dan memberikan spirit baru.
Ini tagline nya sudah sangat bagus sekali,”ujarnya sekaligus membuka acara Rakerda media metrorakyat.com yang dilaksanakan pada Sabtu, 14 Mei 2022.

Hadir pada acara offline tersebut, Ketua SMSI Kota Medan, Bobby Oktavianus Zulkarnain, perwakilan kecamatan Medan Kota, ketua koordinator wartawan DPRD Kota Medan, Said Ilham Assegaf, para Kabiro dan wartawan dari Langsa, Rantoprapat, Takengon, Samosir, Siantar, Kota Medan, Deliserdang, Tanjungbalai-Karimun, kota Tanjungbalai, Tapanuli Utara.

Dan pada acara secara online hadir, biro Sorong Selatan dan Papua Barat, Kendal, Malang, Asahan dan seluruh daerah se Indonesia.(MR/Red)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini:

Breaking News