oleh

Laksanakan Rakerda, Wartawan Media Online Metrorakyat.com, Hasilkan Beberapa Kesepakatan

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Rapat Kerja Daerah (Rakerda), Wartawan dan Kepala Biro media online Metrorakyat.com yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia yang dilaksanakan secara Off line dan Online menghasilkan beberapa kesepakatan, Sabtu (14/5/22), di Aula Istambul lt.2 Madani Hotel Medan, Kota Medan Sumatera Utara.

Dengan pemateri yakni dari Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) perwakilan Sumatera Utara, yang dihadiri oleh Erris Julietta Napitupulu, Pemred Metrorakyat.com, Drs.Jenda I Bangun dan Pimpinan Umum PT Metro Rakyat Kreasi, Irwan SP Manalu,SS, pelaksanaan Rakerda yang di mulai pada pukul 14.00 WIB sampai selesai ini berlangsung alot namun lancar.

Dihadiri secara Offline, dari Biro Rantoprapat, Haposan Sinaga, Biro Samosir, Jos Bandi Rumapea, Biro Deliserdang, Diman Purba, Biro Toba, Lambaik Manalu, Biro Taput, Andoky Manalu, Biro Langsa, Danton, Fahri dan Muktar, Biro Takengon, Roni, Biro Tanjungbalai, Ade, Biro Siantar, Baringin Sihombing, Biro Karimun Tanjungbalai, Lamhot Naibaho, untuk biro Medan, Siti Nurjanah, Esri Situmorang, James Oehlers, Dian. Sementara yang mengikuti Rakerda secara Online, dari biro Rantoprapat, Erni Hasibuan, Biro Sorong Selatan, Desi Watho, Biro Kendal, Syifak, Biro Batubara, Pantas Sianturi, Biro Tuba, Deky, Biro Tubaba, Remi, Biro Inhu, hotbin Butar-butar, Biro Naganraya, Biro Singkil, Biro Aceh Utara, dan lain nya.

Pada pembukaan acara Rakerda tersebut, Irwan Manalu selaku Pimpinan Umum PT.Metro Rakyat Kreasi mengajak seluruh wartawan dan Kabiro untuk terus kompak dan saling berkolaborasi agar perusahaan media online metrorakyat.com dapat semakin maju dan berkembang.

“Menurut saya, tidak ada pintar menjadi  wartawan dan harus terus mengasah kemampuan. Keberhasilan seorang wartawan itu ketika dia mampu menempatkan posisinya sebagai seorang jurnalis serta mampu menjadikan media tempat dia bekerja dikenal masyarakat luas di wilayah unit kerja masing-masing. Mampu menjaga nama baik media. Mampu menjalin hubungan kerjasama dengan semua pihak baik swasta maupun pihak pemerintah. berprestasi, selalu menyajikan isi berita sesuai KEJ dan UU Pers No.40 Tahun 1999 dan mampu berkontribusi positip secara mutualisme, jujur, penuh inovasi dan suka dengan hal-hal yang baru,”ujarnya.

Irwan Manalu yang mengaku membangun media online metrorakyat.com dari nol dan penuh dedikasi serta kerja keras ini berharap seluruh Kabiro dan wartawan percaya diri menjadi seorang wartawan metrorakyat.com.

“Puji Tuhan, media kita sudah terverifikasi secara administrasi dan faktual di Dewan Pers, artinya hanya tinggal bagaimana kita mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas masing-masing dari kita sebagai seorang wartawan yang mandiri. Selain itu kita juga harus memiliki finansial kuat agar perusahaan kita ini dapat terus berjalan,”sebutnya.

Untuk itu, Irwan Manalu mengajak kepada seluruh Kabiro dan wartawan metrorakyat.com dimanapun berada agar tetap bersemangat dan menjadikan media tempat bekerja sebagai lapangan kerja untuk mencapai sejahtera. “Silahkan lakukan kegiatan jurnalistik yang profesional dan mandiri, namun jangan lupa juga besarkan perusahaan media tempat bernaung. Karena semakin kompak dan solid seluruh Wartawan maka secara otomatis perusahaan pun turut maju dan besar,”ulang nya lagi.

Sementara itu, Perwakilan dari SMSI Sumut, Erris J Napitupulu pada pemaparannya menyebutkan agar seluruh wartawan yang tergabung di media Metrorakyat.com terus melatih kemampuan dalam hal menulis. “Ingat jika ada kerjasama resmi atas nama perusahaan media baik itu dari pemerintah maupun swasta agar tetap jujur. “Ambil apa yang menjadi hak wartawan dan berikan apa yang menjadi hak nya perusahaan sesuai kesepakatan bersama. Karena masing-masing perusahaan media berbeda peraturannya,”terang wartawan senior di provinsi Sumatera Utara ini.

Selaku wadah dari perusahaan media yang bergerak di bidang Siber, Erris mengajak agar dalam menayangkan berita harus terlebih dahulu disertai dengan data-data yang valid dan bukan asal “katanya-katanya”. Sebab sudah banyak perusahaan media yang di laporkan ke dewan pers akibat isi pemberitaan yang ditayangkan. Sehingga SMSI sangat perlu membina seluruh perusahaan pers (Siber) untuk selalu mengikuti KEJ dan UU Pers No.40 Tahun 1999.

Pemred Metrorakyat.com, Jenda I Bangun pada kesempatan yang sama lebih menekankan agar seluruh wartawan dalam menulis berita harus terlebih dahulu melakukan Konfirmasi. Tanpa ada konfirnasi maka isi berita dapat dikatakan tidak layak untuk diterbitkan atau ditayangkan. “Tujuan apa, agar baik wartawan, redaktur, dan pemred ketika berita tersebut ditayangkan tidak bermasalah dan isi berita juga tidak boleh terlalu menjust. Buatlah berita yang dapat menjadi inspiratif bagi banyak orang. Boleh menghantam namun juga bisa beri solusi,”ujarnya.

Jenda Bangun pun berharap dari pengalaman yang pernah terjadi dimana metrorakyat.com sempat dilaporkan ke dewan pers akibat pemberitaan dan ada juga upaya untuk mendiskreditkan media lewat kekuasaan oleh oknum pengacara, diharap dapat menjadi pelajaran penting bagi perjalanan dan kemajuan media metrorakyat.con kedepan.

” Tentunya, para pemilik perusahan media metrorakyat.com terus berupaya mencari sumber pemasukan secara positip untuk dapat terus menjalan operasional redaksi maupun web serta pengembangan nya. Dan kebalikannya, kiranya juga seluruh wartawan pun dapat memikirkan hal serupa,”terangnya.

Selama pelaksanaan Rakerda, ada banyak pertanyaan dari para biro terkait jika ada isi pemberitaan namun Nara Sumber tidak bersedia memberitahukan nama, ada lagi terkait ancaman yang terjadi ketika wartwan menaikkan berita, dan terkait pelaksanaan UKW serta kewajiban para wartawan dan perusahaan juga turut dibahas para Rakerda tersebut.

Kesimpulan yang di dapat dari pelaksanaan Rakerda tersebut bahwasanya dalam menyajikan berita harus tetap berpegang pada Kode Etik Jurnalistik, UU Pokok Pers No.40 Tahun 1999, melakukan konfirnasi, merekam, video, foto ada data akurat serta valid dan tidak hoax.

” Jika hal ini dilakukan maka, kecil kemungkinan wartawan dilaporkan ke dewan pers atau terjerat masalah hukum di UU ITE. Dan jika semua telah dilakukan namun wartawan masih mendapat ancaman atau berusaha di jerat kedalam hukum, maka selaku Pemred saya akan bela si wartawan. Dan tentunya SMSI juga tidak akan diam melihat hal tersebut,”tutup Pemred Metrorakyat.com dan sekretaris SMSI Sumut ini

Acara Rakerda pun ditutup oleh Pimpinan Umum Perusahaan. Selanjutnya dilakukan foto bersama dan pembagian sertifikat Rakerda kepada seluruh wartawan dan Kabiro metrorakyat.com. (MR/Red)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini:

Breaking News