oleh

Konferensi Pers Penemuan Potongan  Diduga Tulang Manusia Korban Pembunuhan

METRORAKYAT.COM, LANGKAT – Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok S.H, S.I.K laksanakan Konferensi Pers Penemuan potongan tulang diduga tulang manusia korban pembunuhan bertempat di Lapangan Bharadaksa Polres Langkat, Senin. (23/5/2022).

Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, S.H, S.I.K di dampingi Wakapolres Kompol Hendri Nupia Dinka Barus, S.H, S.I.K, Kasat Reskrim IPTU Luis Beltran Krinadhita Marissing , STK, S.I.K, M.H, Kasi Propam AKP Abed Nebo S.pd, Kasi Humas AKP Joko Sumpeno ,Kanit Pidum IPDA Herman Sinaga, S.H,S.Sos dan Penyidik Pembantu Unit Pidum Polres Langkat menyampaikan.

Berdasarkan Laporan Polisi nomor : LP /A /45 /V /2022 /SPKT /LKT /Polsek Padang Tualang / Polres Langkat / Polda Sumut, Tanggal 20 Mei 2022.

Perkara tindak pidana “Pembunuhan Berencana dan atau Pencurian dengan kekerasan dan atau Pembunuhan dan turut melakukan“, yang terjadi pada hari Pada hari kamis tanggal 19 Mei 2022 sekira pukul 18.30 Wib di Dsn. Parit Rimo Ds. Jati Sari Kec. Padang Tualang Kab. Langkat.

Dijerat Pasal 340 Subs Pasal 365 lebih subs Pasal 338 Jo Pasal 55 KUHPidana, hukum penjara selama lamanya seumur hidup atau hukum mati.
Dugaan tersangkah
1. MS, (26) Laki-laki kerja tidak tetap warga Parit Rimo Ds. Jati Sari kec. Pd.Tualang. (Telah diamankan).
2. AI, 26) Pr, Ibu rumah tangga warga .Parit Rimo Ds.Jati Sari Kec.Pd.Tualang. (Telah diamankan).
3. WN (61) Laki-laki ,buruh bangunan warga Blangkejeren Kab.Gayo Lues Propinsi Aceh, (DPO).

Kronologis kejadian ,Kamis tgl. 29 Mei 2022 sekira pukul 18.30 wib, Kapolsek Padang tualang mendapat informasi dari masyarakat tentang adanya seorang laki- laki bernisial MS (26) diamankan masyarakat diduga telah melakukan pembunuhan terhadap seorang laki -laki(supir Trevel) yang tidak diketahui identitasnya.

Selanjutnya keduanya diamankan ke Polsek Padang Tualang guna penyelidikan lebih lanjut, dari hasil interogasi yang di lakukan terhadap keduanya As(26) dan istrinya Ai(26) mengakui benar telah melakukan pembunuhan terhadap seorang Supir Trevel yang tidak diketahui identitasnya.

Berdasar pengakuan MS(26) pembunuhan tersebut di lakukan sekitar bulan Nopember tahun 2018,dan pembunuhan tersebut sudah direncanakan sebelumnya dengan maksud membunuh supir dan membawa kabur mobil travelnya.

Sebelum menjalankan rencananya,keluarga pelaku sepakat apabila berhasil akan pindah dan tinggal Mojokerto Jawa tengah.

Untuk menjalankan aksinya para pelaku beserta keluarganya berangkat menuju rumah Abang ipar TSK yang terletak di Jln.Makmur GG Dahlian No.14 Tembung Kec.Percut Sei tuan, yang sebelumnya memesan mobil Travel jurusan Medan Blangkejeren.

Selanjutnya para pelaku dan keluarga dijemput oleh mobil travel yang dikemudikan korban dirumah abg dari AI(26) bernama Suminan sekira pukul 19.40 Wib, kemudian para pelaku berangkat beserta keluarganya mengendarai mobil Trevel jenis Innova Reborn warna hitam (plat nopol tdk diketahui).

Dan sekira pkl 00.30 Wib saat mobil melintas di jalan umum kec.Tiga Binanga Kab.Tanah Karo, ibu pelaku bernama Leginah (almarhum) berpura pura mau muntah, sehingga supir Trevel menghentikan laju mobil.

Kemudian AI(26) dan Leginah turun dari mobil, lalu MS(26) menjeratkan seutas tali nilon ke leher korban dari belakang sehingga korban meronta.dan WN(61) menusukkan sebilah pisau kearah tubuh korban sebanyak 4 (empat) tusukan sehingga korban meninggal dunia.

Dan setelah memastikan korban sudah meninggal dunia, korban dibalut dgn plastik terpal dan diletakkan di bagian belakang mobil. Lalu WN(61)mengambil alih kemudi dan langsung melaju ke rumah pelaku di Parit Rimo Ds.Jati Sari Kec.Pd.Tualang.

Sekira pkl 03.30 Wib, para pelaku tiba dilokasi, kemudian para pelaku mengangkat mayat korban ke samping rumah, sesaat kemudian MS(26) menggali lobang sedalam 50 cm.

Setelah lubang selesai digali MS(26) menyusun potongan kayu rambung di lubang dan disiram degan minyak solar sekaligus membakarnya.

Kemudian WN(61) dan MS(26) mengangkat mayat korban dan membuangnya ke kobaran api tersebut, dan diatas mayat ditimpahkan lagi sampah-sampah tanaman sekitar lokasi. sekira pkl 05.30 Wib setelah dipastikan mayat korban sudah hangus terbakar dan api mulai padam, para pelaku menutup bekas bakaran mayat tsb dgn tanah dan sampah-sampah tumbuhan.

Hasil lidik jumat tanggal 20 Mei 2022 kanit pidum Ipda Herman F Sinaga S.H, S. Sos beserta anggota pidum di pasar VII tembung jalan makmur gg dahlia 14 ke rumah Saminan dan membenarkan bahwasannya MS(26) Alias PUTRA beserta keluarganya ada datang sekitar 3 tahun lalu naik becak.

Pada hari yang sama mereka memesan travel dan berangkat dari rumah tersebut pada malam hari. ( Sesuai dengan keterangan tersangka MS(26) alias putra

Serta ada Laporan Kehilangan Orang a/n. Bakrie warga kutacane, hilang 3 tahun lalu, pekerjaan supir travel raja ratu taxi yang berdasarkan keterangan keluarganya a/n. ANI ( istri ) dan Bukhari Muslim ( anak ) bahwasannya orang tuanya hilang sekitar 3 tahun lalu setelah menjemput penumpang satu keluarga di tembung dan hilang kontak dengan orang tuanya setelah berhubungan di kabanjahe pada saat singgah makan dan mobil yang dipakai kijang inova warna hitam dengan nopol BK 1684 PI.

Berdasarkan keterangan pemilik mobil kijang inova Nopol BK 1684 PI an. IRFI Ibrahim Musa, alamat kuta cane depan kantor bupati kuta cane. Menjelaskan mobil kijang inova miliknya hilang sekitar 3 tahun lalu bersama dengan hilangnya supir a/n. Bakrie dan mobil tersebut masih kredit di leasing BFI.

Dari keterangan leasing Buana Finance benar mobil tersebut merupakan barang tanggungan di Buana Finance dengan jenis kijang inova diesel tahun 2012 warna hitam dan benar diambil di daerah jawa dan saat ini sudah di lelang dengan nama kontrak sulaiman selian STNK a/n. Irfi ibrahim musa.(MR/yo)