Bobby Nasution Wali Kota Medan Pertama Programkan Mudik Gratis, Hari Ketiga 666 Pemudik Diantar ke 13 Daerah Tujuan

Bobby Nasution Wali Kota Medan Pertama Programkan Mudik Gratis, Hari Ketiga 666 Pemudik Diantar ke 13 Daerah Tujuan
Bagikan

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Hari ketiga pelaksanaan Mudik Bareng Pemko Medan, Minggu (1/5) Wali Kota Medan, Bobby Nasution, diwakili Kadis Perhubungan, Iswar, melepas 666 pemudik dari Jalan Pulau Pinang Medan. Sebanyak 16 bus besar dan 7 bus kecil yang disiapkan Pemko Medan bekerja sama dengan segenap stakeholders mengantar para pemudik ke 13 daerah tujuan di Sumatera Utara.

“Hati-hati di jalan. Sampaikan salam hormat Wali Kota Bobby Nasution kepada sanak keluarga di kampung dan selamat berbahagia berkumpul bersama keluarga serta tetap jaga protokol kesehatan,” ujar Iswar dalam pelepasan keberangkatan mudik gratis hari terakhir itu.

Dalam pelepasan yang turut dihadiri antara lain Kadis Perdagangan Damikrot Harahap, Kadis Perindustrian Parlindungan Nasution, Camat Medan Barat Lilik itu, Iswar mengatakan, daerah tujuan pada pemberangkatan terakhir ini sama dengan dua keberangkatan sebelumnya, yakni 13 daerah. Ketiga belas daerah tujuan itu adalah Gunungtua, Kotapinang, Palas, Rantauparapat, Natal, Padangsidempuan, Panyabungan, Parapat, Sipirok, Tarutung, Sibolga, Sidikalang,dan PakpakBarat.

Iswar merincikan, pada Jumat (29/4) kemarin yang merupakan hari pertama keberangkatan, Pemko Medan mengantar 1250 pemudik dengan menggunakan 25 bus besar dan 20 bus kecil. Sedangkan pada hari kedua, Sabtu (30/4), sebanyak 1.575 pemudik diantar dengan menggunakan 27 bus besar, 1 bus sedang, dan 29 bus kecil. Total warga yang menjadi peserta mudik gratis ini sebanyak 3.491.

“Seluruh pemudik yang berangkat pada hari pertama sudah sampai. Banyak pula keluarga pemudik yang sudah menyampaikan salam dan terima kasih pada Pak Wali Kota. Sedangkan keberangkatan hari kedua, yang belum sampai itu daerah tujuan Madina, yang dekat-dekat sudah sampai,” terangnya.

Iswar mengatakan, secara keseluruhan program yang baru pertama kali digelar Pemko Medan ini berjalan dengan lancar dan baik.

“Insya Allah, hasil evaluasi pelaksanaan tahun ini akan menjadi bahan perbaikan bagi kita untuk pelaksanaan tahun depan,” ucapnya.

Bobby Nasution merupakan Wali Kota Medan pertama yang melaksanakan program mudik gratis ini. Pelaksanaan kali pertama ini sama sekali tidak menggunakan dana APBD Kota Medan. Program ini terselenggara berkat kolaborasi Pemko Medan dengan stakeholders, pelaku usaha, Kadin, Bank Sumut, serta didukung oleh Forkompimda Medan.

Sebagaimana diingatkan Bobby Nasution, pelaksanaan program ini juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, Pemko Medan juga menyiapkan vaksinasi untuk pemudik.

Warga Medan menyambut dengan antusias program yang dilaksanakan Bobby Nasution. Salah seorang perwakilan pemudik, Windasari,b langsung mengungkapkan rasa terima kasih kepada Bobby Nasution pada pelepasan keberangkatan hari pertama kemarin.

Dia mengatakan, berkat kegiatan ini mereka bisa mudik secara gratis dan berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Dia pun mengharapkan, agar kegiatan ini bukan yang pertama dan terakhir, namun terus berlanjut di tahun-tahun ke depan.

“Kami juga akan sampaikan salam dari Bapak Wali Kota kepada sanak keluarga kami di kampung halaman,” sebutnya.(MR

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.