Pemkab Samosir, Fokuskan Pembuatan Pupuk Organik Untuk Petani

Pemkab Samosir, Fokuskan Pembuatan Pupuk Organik Untuk Petani
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Dinas Pertanian dan Ketapang akan memfokuskan pembuatan pupuk Kompos untuk kebutuhan pertanian masyarakat Samosir.

Ini dilakukan guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dibidang pertanian.

Hal ini disampaikan Bupati Samosir saat melakukan kunjungan melalui program ‘Bunga Desa’ bertempat di Desa Parhorasan, Selasa (26/4/2022), Samosir.

Dijelaskan dia, Pemkab akan lebih fokus dalam pembuatan Pupuk Kompos Organik. Pupuk organik padat, cair, dan lebih menguntung para petani dengan hasil produksi cukup baik.

“Sebagaimana di ketahui, bahwa hampir 90 persen masyarakat Samosir melangsungkan hidup melalui pertanian, yang tentu membutuhkan pupuk. Jadi guna mencukupi kebutuhan pupuk tersebut, Pemkab akan memberikan penyuluhan, pelatihan serta pendampingan pembuatan pupuk organik padat juga pupuk organik cair kepada masyarakat petani yang ada di Samosir,” tegas Bupati.

Ditambahkan dia, bahwa program pembuatan pupuk organik padat dan cair tersebut, merupakan salah satu cara Pemkab untuk mengubah mindset para petani, yang selama ini ketergantungan akan penggunaan pupuk kimia.

Selain ketersediaan pupuk yang terbatas dan sulit didapatkan, kita juga mengetahui bahwa penggunaan pupuk kimia dapat mengurangi tingkat kesuburan tanah.

“Untuk itu Pemkab hadir memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan pupuk organik kepada kelompok tani, sehingga nantinya ketergantungan petani yang selama ini hanya menggunakan pupuk kimia, beralih menggunakan pupuk Organik,” ucap Bupati.

Dikesempatan itu, Bupati melakukan penyiraman dalam pembuatan pupuk Organik Padat, salah satu kelompok tani di desa Parhorasan.

Dijelaskan dia lagi, terkait peralatan yang dibutuhkan kelompok tani guna pembuatan pengolahan pupuk organik cair, akan disampaikan ke dinas pertanian serta Pemerintah Desa (Pemdes).

“Sesuai dengan permohonan kelompok tani untuk bantuan peralatan, akan kami diskusikan dengan dinas pertanian dan kepala desa serta melakukan pemetaan. Artinya apa yang dapat di akomodir oleh Pemdes dan Pemkab Samosir.

Bupati Samosir juga menekankan kepada penyuluh pertanian untuk serius dalam melakukan pelatihan kepada para kelompok tani, yang bertujuan agar program tersebut benar dinikmati langsung oleh masyarakat.

“Kepada kelompok tani juga, saya menghimbau agar bersungguh sungguh didalam mengikuti pelatihan pembuatan pupuk organik padat dan cair,” tutup Bupati. (MR/156).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.