oleh

Resmikan Masjid Al Amilin MTSN 2 Medan, Musa Rajekshah : Saatnya Rawat dan Makmurkan Masjid

METRORAKYAT.COM, DELISERDANG – Perjuangan dalam membangun Masjid Al Amilin yang dimulai sejak tahun 2018 akhirnya berujung. Setelah berdiri, kehadiran masjid di MTS Negeri 2 Medan ini menjadi tanggung jawab bersama seluruh murid, guru dan pegawai untuk merawat dan memakmurkannya.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah saat meresmikan Masjid Al Amilin MTS Negeri 2 Medan, Jalan Peratun, Kenangan Baru, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, Selasa (22/3).

“Sekarang sudah ada Masjid Al Amilin, sudah ada tempat kita salat berjemaah, anak-anak yang sekolah dan berasrama di sini tak ada alasan tak salat berjemaah, khususnya untuk yang laki-laki. Perjuangan membangun masjid sudah kita lakukan, Alhamdulillah, sudah terbangun. Sekarang perjuangan kita untuk merawatnya, menjaga kebersihannya, bangunannya dan bagaimana memakmurkannya,” ujar Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah.

Keberadaan masjid yang cukup mudah ditemui di Kota Medan, disampaikan Ijeck, harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. “Sebagai contoh, kemarin kami ke Desa Tanjung Merahe, Kecamatan Kutabuluh, Karo, untuk meresmikan masjid juga. Sebelumnya, di desa itu tak ada masjid, butuh waktu 1,5 sampai 2 jam untuk Salat Jumat ke desa sebelah dan salat lima waktu di rumah masing-masing. Perjuangan saudara-saudara kita luar biasa, maka kalau di sini kita masjid sudah dekat dan banyak harus bersyukur dan kita isi,” katanya.

Ijeck meminta Kepala Sekolah MTS Negeri 2 Medan untuk membuka masjid bagi masyarakat umum dan membuat papan informasi keberadaan masjid. “Memakmurkan masjid itu dengan meramaikannya, diisi dengan kegiatan-kegiatan agama. Buat plangnya Buk, jadi masyarakat di sekitar sini bisa juga memanfaatkannya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sumut Abd Amri Siregar menyampaikan apresiasinya atas terbangunnya Masjid Al Amilin. “Saya ucapkan selamat untuk kita semua. Bertambahnya sarana ini tentu harus kita syukuri, masjid ini harus dimanfaatkan untuk sarana ibadah lain selain shalat lima waktu. Mungkin nanti yang mondok bisa manfaatkan masjid ini untuk menghafal Alquran mungkin di kamar banyak teman tidak fokus, malam bisa kemari, apalagi nanti akan dipasang AC,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Wagub Sumut yang telah ikut melakukan peletakan batu pertama dan sampai menandatangani prasasti masjidnya. “Tadi pak wagub menyampaikan bahwa letak batu pertama Pak Wagub, hari ini prasastinya ditandatangani Pak Wagub lagi. Pak Wagub ini hatinya sudah terpaut dengan masjid,” ujarnya.

Kepala Sekolah MTS Negeri 2 Medan Pesta Berampu menyampaikan  kehadiran Wagub Sumut menjadi semangat bagi MTS Negeri 2 Medan. Ia pun mengisahkan bahwa masjid tersebut bisa terbangun atas infak dari para siswa. Pihak BKM Masjid yang telah dikukuhkan juga telah membuka Masjid Al Amilin untuk umum khususnya saat salat Jumat berjemaah.

“Perlu saya sampaikan sedikit bahwa berdirinya masjid yang sangat megah ini sebagian besar adalah partisipasi infak anak-anak didik kami. Untuk itu orangtua perwakilan tiap kelas kami undang, kami titipkan ucapan terima kasih akhirnya masjid bisa digunakan untuk seluruh murid, guru dan lainnya. Anak-anak didik kami di sini jumlahnya 1.218 orang Pak Wagub,” tutupnya.(MR/WAN)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini:

Breaking News