Memasuki Bulan Suci, MPU Bener Meriah Keluarkan Himbauan

Memasuki Bulan Suci, MPU Bener Meriah Keluarkan Himbauan
Bagikan

METRORAKYAT.COM, REDELONG – Memasuki bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Bener Meriah, Aceh mengeluarkan himbauan kepada masyarakat agar menjaga kondusifitas terutama selama bulan yang penuh berkah dan ampunan ini.

“Kepada seluruh eleman masyarakat yang berada dalam wilayah itu untuk menjaga kondusifitas, khususnya selama bulan suci Ramadhan, untuk dapat saling menghormati dan menjaga antar sesama uamt, hal itu disampaikan oleh Ketua MPU Kabupaten Bener Meriah Tgk. Almuzani didampingi oleh Wakil Ketua I Tgk. Abdurrahman Lamno, S.Sy, Wakil Ketua II Tgk. Husaini Sasa, S.Sy dan Kepala Sekretariat MPU Anwar, S.Pd, Rabu, 30 Maret 2022.

Disampaikan oleh Tgk. Almuzani, beberapa hari lagi seluruh umat Muslim akan memasuki dan akan menjalani ibadah ibadah puasa. Untuk meningkatkan kualitas ibadah puasa dibulan suci Ramadhan ini, maka MPU Kabupaten Bener Meriah menghimbau kepada segenap kaum muslimin dan muslimat yang berada dalam wilayah kabupaten Bener Meriah agar melaksanakannya sesuai dengan kaidah-kaidah Islam dan himbauan yang kita keluarkan.

Dijelaskan oleh Tgk. Almizani, sesuai dengan Himbauan yang di keluarkan oleh MPU Kabupaten Bener Meriah No. 451.13/22/MPU/2022 tertanggal 25 Sya’ban 1443 H/ 28 Maret 2022 M, yang berisikan beberapa  poin penting diantaranya:

1. Penetapan aal Ramadhan 1443 H/2022 M kita akan mengikuti keputusan Kementerian Agama RI.

2. Bagi setiap Muslim yang Mukallaf (yang sudah terbeban hukum) wajib puasa dan bertaubat serta melaksanakan ibadah dengan sungguh-sungguh baik dimasjid, meunasah maupun dikediaman masing-masing.

3. Pelaksanaan Shalat Tarawih menurut Mazhab Syafi’I, Imam Hanafi, Imam Maliki dan Imam Hambali, dilakukan dengan tertib dan tidak tergesa – gesa.

4. Setiap warung makan dan minum yang menjajakan makanan dan minuman wajib tutup pada siang hari dan tidak menyediakan makanan bagi yang tidak puasa.

5. Bagi penjual makanan atau ta’jil dimulai pukul 15.00 Wib.

6. Reje Kampung, Imam Kampung dan tokoh masyarakat agar melarang warganya untuk tidak melakukan hal – hal yang dapat mengganggu kehidmatan bulan Suci Ramadhan seperti, permainan mercon, kembang api, meriam bambu dan sejenisnya.

7. Reje Kampung, Imam Kampung dan tokoh masyarakat serta orang tua wajib melarang semua perbuatan yang menjerumus pada kemaksiatan seperti, asmara subuh, main domino, dan segala jenis permainan game online yang bersipat judi dan hal – hal penting lainnya yang ada didalam himbauan tersebut.

Pada bagian akhir penjelasannya, Tgk. Almizani juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa dibulan suci Ramadhan 1443 H kepada  seluruh umat Islam yang menjalankannya, Ketua MPU itu juga meminta kepada masyarakat untuk saling menghormati dan menjaga Kamtibmas selama bulan puasa agar terwujud Kabupaten Bener Meriah yang sesuai dengan visi dan misi pemerintah daerah.

“Kami keluarga besar MPU Kabupaten Bener Meriah menyampaiakn ucapaan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1443 H, semoga semua amal ibadah kita diterima Allah SWT, amiiin,” pungkas Tgk. Almuzani.(MR/red)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.