oleh

Laksanakan Sosperda No.4 Tahun 2012 Tentang Sistem Kesehatan Kota Medan, David Roni G Sinaga Himbau Warga Jaga Kesehatan

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Meski Pandemi Covid19 belum usai, dan kota Medan masih di level 3, namun aktivitas masyarakat sudah terlihat mendekati normal. Hal ini tentunya dikawatirkan dapat mempercepat penyebaran Virus Corona (Covid19). Dimana diketahui, pemerintah hingga saat ini terus berupaya memerangi pandemi Covid19 dengan menggalakkan vaksinasi kepada warga agar penularan virus dapat terputus.

Davi Roni G Sinaga pada pelaksanaan Sosialisasi Perda (Sosperda) No.4 Tahun 2012, Tentang Sistem Kesehatan Kota Medan, mengatakan agar warga tetap menjaga kesehatan baik pribadi, keluarga dan lingkungan masing-masing serta jangan lupa memakai masker ketika keluar rumah.

Dikatakan Ketua BAPERA Kota Medan ini bahwa pemerintahan daerah bersama-sama swasta mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tinggi bagi masyarakat melalui pelayanan kesehatan yang diselenggarakan secara terpadu dan berkesinambungan dalam bentuk upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat Bab VI bagian kesatu pasal 9 ayat 1.

“Selain itu juga, pada bagian ke delapan belas untuk Gizi, pasal 32 ayat 1 disebutkan juga, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat bertanggungjawab dalam upaya perbaikan gizi masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan, kecerdasan dan produktivitas kerja,”ujarnya, saat pelaksanaan Sosperda nya di Jalan Denai, Gg Rukun lingkungan 8 Kelurahan Tegal Sari 1 Kecamatan Medan Area, Sabtu (19/3).

Ditambah lagi, di pasal 33 ayat 1, disebutkan lagi, upaya perbaikan gizi dilakukan pada seluruh siklus kehidupan sejak janin sampai dengan lanjut usia dengan prioritas kepada kelompok rawan yang terdiri dari : bayi balita, remaja perempuan, serta ibu hamil dan menyusui.

Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan itu, maka sesuai pasal 47, pemerintah daerah berkewajiban meningkatkan mutu pelayanan kesehatan melalui pendidikan dan pelatihan SDM Kesehatan.

“Disinilah peran aktif masyarakat dalam memeriksakan kesehatannya dan mengawasi mutu pelayanan kesehatan dengan cara menyampaikannya ke dinas. Di pasal 59, disebutkan lagi, Regulasi Obat ayat 1, Dinas berkewajiban merencanakan kebutuhan obat dan bahan yang berkhasiat obat di sarana pelayananan kesehatan dasar sesuai dengan kebutuhan. Itulah bentuk perhatian DPRD dan Pemko Medan kepada warga dengan mengeluarkan perda No.4 Tahun 2012 ini,”terang David Roni G Sinaga.

Sementara itu, Camat Medan Area, Hendra Asmilan,SSTP pada kegiatan tersebut mengharapkan adanya pelaksanaan Sosperda No.4 Tahun 2012, warga semakin memahami dan mengerti apa yang menjadi hak-hak nya dalam pemenuhan kesehatan.

“Sehingga, jaminan kesehatan dan pelayanan dinas kesehatan bagi warga baik itu dari mulai janin hingga lanjut usia tetap di jamin pelayanan kesehatan nya oleh pemerintahan kota Medan, maka.kita berterimakasih kepada anggota DPRD kota Medan dan Wali Kota Medan yang terus memikirkan untuk peningkatan pelayanan dan kesehatan masyarakatnya,”sebut Mantan Camat Medan Denai ini.

Pada sesi tanya jawab yang dilaksanakan, warga mengucapkan apresiasi dan berterimakasih adanya pelaksanaan Sosperda tersebut di tempat mereka. Sehingga selain dapat bertemu langsung dengan anggota DPRD Kota Medan dapil 4 yaitu David Roni G Sinaga, juga dapat bertatap muka langsung dengan camat, dan lurah. Sehingga apa yang menjadi unek-unek warga dapat langsung tersampaikan langsung di tempat itu.

Beberapa pertanyaan warga di acara Sosperda tersebut ada mengenai pengurusan BPJS Gratis, Program Bantua Keluarga Harapan atau bedah rumah, infrastruktur jalan dan perbaikan drainase serta pendidikan dan kesehatan.

Diakhir pelaksanaan Sosperda tersebut, David Roni G Sinaga berharap pelayanan kesehatan untuk masyarakat dapat semakin meningkat dan semakin banyak warga masyarakat yang paham untuk menjaga kesehatan termasuk mengetahui hak-hak mereka dibidang pelayanan kesehatan.

Acara pun dilanjutkan dengan pembagian Suvenir dan foto bersama sekaligus pemberian Suvenir dan wakil rakyat asal Dapil 4 yang duduk di komisi 4 dari partai PDI Perjuangan di DPRD Kota Medan.(MR/Irwan)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini:

Breaking News