oleh

Atasi Genangan Air Seputaran Lapangan Merdeka, Bobby Nasution Minta Sub Drain Jalan Balai Kota – Jalan Putri Hijau Dibongkar

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Tingginya genangan air yang terjadi di seputaran Lapangan Merdeka, Minggu (27/2) malam, langsung menjadi perhatian serius Wali kota Medan Bobby Nasution. Guna memastikan apa yang menjadi pemicunya, orang nomor satu di Pemko Medan pun meninjau drainase di seputaran Jalan Balai Kota Medan, Selasa (1/3) malam.

Bobby Nasution melakukan peninjauan didampingi Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan Topan OP Ginting. Untuk mengecek kondisi drainase, suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu itu minta kepada petugas Dinas PU untuk membuka penutup drainase (bak kontrol).

Setelah terbuka, Bobby Nasution dengan menggunakan senter melihat kondisi drainase. Dari pemeriksaan yang dilakukan, ada beberapa titik saluran drainase yang bermasalah. Kondisi itu lah yang menyebabkan seputaran Lapangan Merdeka tergenang air.

Menyikapi hal itu, menantu Presiden Joko Widodo langsung memerintahkan Kadis PU segera membongkar sub drain di sepanjang Jalan Balai Kota hingga Putri Hijau. Selain itu Kadis PU juga diminta untuk membuat ulang peta drainase yang ada di seputaran Lapangan Merdeka.

Selanjutnya sebagai solusi mengatasi genangan air yang terjadi, Bobby Nasution merasa perlu dibuat saluran baru. “Pembuatan saluran baru sangat juga sangat diperlukan jika debit air yang di seputaran Lapangan Merdeka tidak lagi tertampung salurn eksiting,” kata Bobby Nasution.

Seperti diketahui, tingginya intesitas hujan yang mengguyur Kota Medan sejak siang hingga malam, Minggu (27/2), menyebabkan 15 kelurahan dari 14 kecamatan terdampak banjir, termasuk seputaran Lapangan Merdeka. Kondisi itu menyebabkan Bobby Nasution selama dua hari turun meninjau banjir di sejumlah wilayah. Selain  mengidentifikasi penyebab banjir, juga untuk memastikan masyarakat korban banjir dilayani dengan baik oleh OPD terkait, baik  tempat penampungan, makanan, minuman, obat-obatan dan selimut.(mr/iRWAN)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini:

Breaking News