Posko Kampung Tangguh Anti Narkoba Ciptakan Pemuda Simalungun Sadar Akan Bahaya Narkoba

Posko Kampung Tangguh Anti Narkoba Ciptakan Pemuda Simalungun Sadar Akan Bahaya Narkoba
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SIMALUNGUN – Posko Kampung Tangguh Anti Narkoba yang resmi didirikan di Jalan Sederhana Nagori Perdagangan II Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun, pada tanggal 30 Juni 2021 oleh Polres Simalungun dengan bekerjasama bersama Pemerintah Kabupaten Simalungun dan masyarakat.

Adapun maksud dan tujuan didirikannya kampung tangguh anti narkoba atau kampung tangguh bersinar ini sebagai bentuk implementasi peran masyarakat guna mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasat Narkoba AKP Adi Haryono, S.H., menjelaskan bahwa Sinergitas dan kerjasama dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran gelap narkoba (P4GN) tergambar dalam Pencanangan Kampung Bersinar (Bersih Narkoba).

AKP Adi Haryono, SH., mengatakan pada hari Rabu, (16/02/200) sela-sela kegiatannya di Mako Polres Simalungun Jalan Jhon Horailam Pematang Raya, “Kampung tangguh anti narkoba, atau kampung bersinar yang telah didiran beberapa waktu lalu, membawa dampak positif bagi para pemuda dan pemudi akan bahaya penggunaan narkoba, bahwa narkoba ini sudah menjadi ancaman yang nyata bagi kehidupan sehingga butuh keseriusan dan kerjasama semua pihak untuk memberantasnya”.

“Ancaman saat ini tidak hanya COVID-19, tapi narkoba juga sebuah ancaman yang tidak kelihatan, tapi nyata, sehingga sering kali terjadi penyalahgunaan oleh anak-anak muda, kemudian berdampak luas,” sebut Kasat Narkoba.

Sementara itu Kapolsek Perdagangan AKP Josia, S.H., M.H., melalui laporan tertulis menerangkan bahwa, merupakan suatu program kerja bagi personel piket Polsek Perdagangan resor Simalungun untuk melakukan patroli di kampung tangguh anti narkoba Jalan Sederhana Nagori Perdagangan II Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun.

AKP Josia menjelaskan bahwa Personil Unit Patroli Sabhara Polsek Perdagangan dan piket Fungsi melaksanakan Patroli dialogis untuk cipta kondisi dan meminimalisir gangguan Kamtibmas serta Peredaran Narkoba di wilayah hukum Polsek Perdagangan.

Selama melaksanakan kegiatan Patroli hingga kembali ke Mako Polsek Perdagangan situasi dalam keadaan aman dan kondusif.

Kasi Humas Polres Simalungun Ipda Arwansyah Batubara mengatakan bahwa, “Tentu kepolisian tidak bisa berjalan sendiri. Perlu menggandeng stakeholder, contoh Pak Bupati  yang sudah memfasilitasi kegiatan dengan karang tarunanya. Karena hakikatnya kampung tangguh narkoba bersinar ini adalah dari masyarakat, oleh masyarakat, dan diperuntukkan oleh masyarakat,” tegasnya.(MR/Rel)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.