oleh

DISPERSIP Gandeng SMK Negeri 1 Tualang Gelar Roadshow Program Jendela Literasi Dan Inspirasi Kita

METRORAKYAT.COM, SIAK – Untuk pertama kalinya di tahun 2022, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Riau menghadirkan roadshow program Jendela Literasi dan Inspirasi Kita (Jelita) Riau di SMKN 1 Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Rabu (2/2/2022) lalu.

Kegiatan roadshow ini dibuka secara langsung oleh Kadispersip Riau, Mimi Yuliani Nazir bersama Tim Kreatif dan Mitra Jelita Riau Acara dan Kepala Dinas Pendidikan diwakilkan oleh Kabid SMK, Yusri Rasul dengan menampilkan kekayaan potensi bakat siswa SMKN 1 Tualang. Selain itu juga ada sekolah tamu yaitu TK, Paud disekitar Kecamatan Tualang.

Mimi Yuliani Nazir menyambut baik adanya program roadshow Jelita Riau 2022 tersebut. Menurutnya, ini salah satu upaya Pemprov Riau, khususnya Dispersip Riau untuk mengajak masyarakat akan pentingnya literasi dan inklusi sosial.

“Terima kasih untuk semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua,” ucapnya.

Selanjutnya, anggota KPID Riau, Hisyam mengatakan acara jelita ini menarik sekali. Menurutnya, kegiatan seperti ini merupakan bentuk nyata dan komitmen pemerintah Provinsi Riau dalam upaya peningkatan literasi.

“Jelita ini keren, jadi sayang jika masyarakat Riau tidak bangga dan tindak memanfaatkan Jelita untuk berkolaborasi,” sambungnya.

Kepala Sekolah SMKN 1 Kecamatan Tualang, Rozian Elfis MPd, mengaku bangga dan menyambut baik sekolahnya menjadi sekolah perdana pelaksana Program jelita off air 2022 ini. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan literasi bagi anak didik dan meningkatkan potensi dan karakter siswa.

“Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Riau melalui Dispersip dan Disdik, kami sekolah yang jauh menjadi diperhatikan karena komitmen bersama semua pihak. Kami juga bangga karena 16 Kerjasama dengan sekolah oleh karena binaan Jelita Riau,” kata Rozian, Rabu (9/2/2022).

Dengan pelaksanaan jelita road show ini kata Rozian, memberikan kesempatan kepada anak-didik kami dalam mengembangkan potensi, dan bakat mereka dalam ekstrakurikuler.

“Dengan pelaksanaan MoU dengan 16 instansi dan mitra ini diharapkan perbaikan karakter peserta didik semakin baik kedepannya dan semangat literasi dan inklusi sosial semakin berkembang di SMKN 1 Tualang,” bebernya.

Dipersip Riau juga menurunkan mobil layanan perpustakaan keliling. Terlihat antusias siswa TK dan orang tua menggunakan fasilitas perpustakaan tersebut selain keluarga besar SMKN 1 Tualang.

Dalam acara juga di lanjutkan dengan MoU sekolah Binaan Jelita SMKN 1 Tualang dengan 16 mitra Jelita sebagai bentuk komitmen bahwa kolaborasi total dalam upaya mewujudkan generasi Riau Unggul dan SDM unggul.

Adapun 16 mitra yang melakukan MoU tersebut yaitu, BKKBN Riau, BNNP Riau, KPID Riau, Karang Taruna Riau, BPOM Pekanbaru, Fakultas Psikologi UIR, PBF Kimia Farma, FISIPOL UNRI, Akademi Kesehatan John Paul 2 Pekanbaru, Fakultas Kehutanan Unilak, BMKG Riau, RTIK Riau, PUSPA Lancang Kuning, ICA Ria, ICA Pekanbaru dan ICA Siak, Serta Bujang Dara Kabupaten Siak. (MR/SIMON)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini:

Breaking News