oleh

Ketua TP PKK Sergai Rosmaida Saragih : Pantai Merdeka Ini Miliki Daya Tarik

METRORAKYAT.COM, SERGAI – Pantai Merdeka merupakan salah satu objek wisata yang berada di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut), berlokasi di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin.

Pantai ini dengan pasir putih yang bersih memiliki ciri khas tersendiri dan cukup menarik sebagai tempat rekreasi bagi keluarga. Namun, di lokasi ini dibutuhkan bangunan yang bisa menjadi tempat pelindung bagi pengunjung untuk berteduh sambil menikmati ikan sombam goyang lidah dan minum air kelapa muda.

Pondok maupun warung yang menyediakan makanan khas lauk pauk Tanjung Beringin yang akan didirikan nantinya, jangan asal-asalan saja dibangun. Biarpun sederhana tetapi unik dan memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung yang memandang.

Untuk itu konsep dan penataan hingga desain bangunan pondok begitu juga dengan warung makan dengan bahan mempergunakan bambu saja biar murah meriah tidak terlalu tinggi biayanya.

Saya yakin jika pengelolaan pantai ini dibahas secara bersama dengan duduk bersama, maka Pantai Merdeka yang saat ini mengalami abrasi bisa menjadi cantik dan memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri dengan konsep sederhana.

“Jika perlu ciptakan desain penataan pantai ini yang bisa menimbulkan penasaran bagi masyarakat maupun pengunjung,” ujar Ketua TP PKK Sergai yang juga Ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sergai Hj.Rosmaida Saragih Darma Wijaya didampingi Wakil Ketua TP PKK Sergai Hj.Aini Zetara Siregar Adlin Umar Tambunan, saat meninjau lokasi Pantai Merdeka, Selasa (25/1/2022)

Penataan Pantai Merdeka ini harus dilakukan dengan cara bertahap, mengingat masih banyak yang harus dibenahi. Langkah awal dengan lakukan pembersihan secara gotongroyong melibatkan banyak orang, dan mulai sekarang harus sudah ada konsep pengurus yang ikut tergabung dalam pengelolaannya.

Dikatakan Rosmaida, minimal seperti gambaran siapa saja yang berminat untuk berinvestasi dalam pengelolaan Pantai Merdeka yang memiliki sejarah ini dengan kondisi abrasi.

“Mengelola objek wisata pantai yang tidak abrasi itu sudah biasa, tapi ini cukup luar biasa jika berhasil dikelola dengan penataan yang cukup menarik perhatian banyak pengunjung. Saya yakini ini bisa dilakukan dengan keinginan kuat dan gotongroyong,” ungkap istri Bupati Sergai itu.

Ia juga menyarankan nantinya ada bangunan kios cukup sederhana sebagai tempat bagi para pedagang menjajakan makanan khas daerah ini dan hasil kerajinan tangan masyarakat Sergai.

Selain itu karcis masuk juga disarankan biayanya tidak terlalu menguras isi dompet. Begitu juga dengan biaya sewa pondok dan parkir kendaraan, jangan dikenai biaya yang tinggi, nanti pengunjung malas datang untuk kedua kalinya.

“Pasang tarif semurah mungkin sesuai dengan peraturan daerah saja, murah meraih saja,” bilang Rosmaida.

Turut mendampingi Ketua TP PKK Sergai meninjau Pantai Merdeka, Kadis Kesehatan Sergai Selamat Hartono, SKM, MKM, Kadis Perpustakaan Sergai Elinda Sitianur, SE, Ketua Ikatan Wartawan Online Sergai (IWO) Sergai Zuhari, Camat Tanjung Beringin Elmiati, S.AP, Pengurus IPEMI Sergai Samsidar, Juli serta Kepala Desa Bagan Kuala Safril. (MR/AS)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini:

Breaking News