Bupati Safaruddin: Politani Negeri Payakumbuh Hendaknya Menyokong Pembangunan Pertanian Limapuluh Kota

Bupati Safaruddin: Politani Negeri Payakumbuh Hendaknya Menyokong Pembangunan Pertanian Limapuluh Kota
Bagikan

METRORAKYAT.COM, LIMAPULUH KOTA – Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Payakumbuh, satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) keahlian pertanian berlokasi di jantung Limapuluh Kota, sekarang sudah saatnya mengembangkan kerja sama lebih intensif dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Limapuluh, untuk peningkatan ekonomi masyarakat di sektor pertanian.

“Politani Negeri Payakumbuh, hendaknya menyokong pembangunan pertanian Limapuluh Kota, di subsektor pangan, peternakan dan perikanan yang punya keunggulan di tingkat lokal dan regional sehingga berdampak bagi pertumbuhan ekonomi daerah,” kata Bupati saat membuka Seminar Nasional dan kuliah umum di Gedung Serba Guna PPNP, Tanjung Pati, Sabtu (29/1/2022).

Seminar ini merupakan rangkaian dari Musyawarah Kerja Wilayah 1 Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI), yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Budidaya Tanaman Pangan PPNP dan diikuti oleh 20 Senat Mahasiswa Pertanian se-Sumatera.

Turut hadir Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat, Effendi, Wakil Direktur 1 PPNP Harmailis, Wakil Direktur III Darmansyah, dan Kepala Jurusan Pangan PPNP Sentot Wahono, serta Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Limapuluh Kota, Witra Porsepwandi dan Koordinator Wilayah I ISMPI, Ramadhani.

Bupati Safaruddin lebih lanjut menjelaskan, Pemerintah Daerah membuka pintu selebar-lebarnya untuk menjalin kerjasama dengan universitas terutama PPNP. Seterusnya ia mengatakan jika selama ini komunikasi agak terhambat semua itu dikarenakan adanya perbedaan pandangan saja.

“Kami menegaskan kepada para peserta dan dosen yang hadir, bahwa Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota kedepannya akan memfasilitasi para akademisi tersebut untuk mengembangkan kreativitas serta inovasi yang dimiliki. Fasilitas tersebut bisa berupa lahan uji coba dan peralatan pendukung lainnya, manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, semoga kerjasama ini mudah-mudahan dapat terwujud dalam waktu dekat,” jelas Bupati.

Pihaknya berharap kepada generasi muda untuk mewujudkan swasembada pangan dan berkomitmen menjadikan Indonesia Lumbung Pangan di Tahun 2045.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Direktur I PPNP, Harmailis menyampaikan, kolaborasi ini merupakan aksi nyata pemerintah untuk membangkitkan pertanian kedepannya.

“Kita mengajak Pemerintah Daerah (Pemda) senantiasa mendukung kreativitas mahasiswa dalam memajukan sektor pertanian dan juga menghimbau, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa agar terus berinovasi dengan segala potensi sumber daya yang dimiliki,” kata Harmailis.

Pihaknya berharap kolaborasi antara Pemkab Limapuluh Kota dan PPNP dapat terwujud sesegera mungkin.(MR/Dodi )

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.