oleh

PT.IP Salurkan Bantuan Ribuan Bibit  Ikan Ke Desa Petalongan

METRORAKYAT.COM, INDRAGIRI HULU, RIAU – PT.IP di dampingi Dinas pertanian dan Perikanan  ( Distankan ) kabupaten Inhu Pada hari Rabu (22/12/2021) bertempat di Aula kantor desa Petalongan kecamatan pasir penyu melakukan pelatihan dan pembinaan sekaligus penyerahan bantuan bibit ikan kepada Badan usaha Milik Des (BumDes) Yang merupakan binaan perusahaan.

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini yaitu guna memenuhi peningkatan gizi dan meningkatkan pendapatan para petani melalui BumDes , pendampingan dan pelatihan  tentang budi daya perikanan air tawar dengan cara di keramba harus di ketahui bagi para petani desa binaannya.  “Pelatihan budi daya perikanan ini merupakan kegiatan yang ke sekian kalinya di desa petalongan dengan target minat masyarakat harus dapat meningkatkan ekonomi desa .

GM PT. Inecda, Khamdi menyampaikan tetap memperhatikan desa desa binaan perusahaan salah satu Desa binaannya yaitu Desa Petalongan. Selain pelatihan PT. Inecda juga memberikan bantuan bibit ikan Nila & Lele sebanyak 10.000 ekor beserta pakan dan perlengkapannya sampan jaring ikan pakan dan kebutuhan lainnya.

Disampaikannya, kegiatan ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) , PT. Inecda berupada budi daya perikanan dan mudah mudaha dapat dijadikan sebagai alternatif tambahan dalam memberikan nilai tambah ekonomi Desa dan masyarakat serta menjadi salah satu sumber ikan bagi pasar dan kebutuhan lokal.

Sementara Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kab. Inhu Juli Haloan Pane menjelaskan, materi yang diberikan di antaranya adalah budi daya ikan air tawar, seperti, Lele dan nila ekonomis yang dapat menambah penghasilan masyarakat.sama halnya yang di sampaikan koordinator staf bagian Corporate Social Responsbility (CSR) Officer Arinda ,menambahkan, kegiatan ini sebagai implementasi program CSR pemberdàyaan masyarakat berkelanjutan. Dirinya berharap, ke depan sinergitas perusahaan dengan masyarakat, khususnya petani binaannya terus terjalin sehingga mereka bisa memanfaatkan lahan pekarangan untuk meningkatkan pendapatan.

Kepala Desa Petalongan Erwin, budi daya ikan ini cukup baik, mengingat banyak sungai dan waduk di sekitar Desa, dan keramba apung di daerah ini,”Prospek usaha ini sangat bagus dan adapun kendala dalam budidaya ikan air tawar ini masalah pakan ikan . Saya atas nama masyarakat desa petalongan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh PT. Inecda dalam rangka mendukung peningkatan peningkatan sumber daya manusia yang mandiri sehingga secara tidak langsung memberikan nilai positif bagi masyarakat. ( MR / KUS ).

Breaking News