Petani di Samosir Demo ke Kantor DPRD, Sampaikan Aspirasi

Petani di Samosir Demo ke Kantor DPRD, Sampaikan Aspirasi
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Ribuan Petani di Kabupaten Samosir melakukan demonstrasi ke DPRD Samosir yang terletak di Komplek Perkantoran Parbaba Pangururan.

Masyarakat Samosir yang bergabung dalam Serikat Tani Kabupaten Samosir (STKS) melakukan aksi demo ke Kantor Bupati dan melanjutkan perjalanan demo ke DPRD, (13/12/2021), Samosir.

STKS bersama komunitas masyarakat adat merasakan bahwa hak-hak mereka sebagai rakyat maupun petani belum terpenuhi hingga berita ini di turunkan.

“Masyarakat petani bersama tokoh mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) serta DPRD Samosir untuk mempercepat proses penerbitan peraturan daerah (Perda) tentang Perlindungan dan Pengakuan Masyarakat Hukum Adat (PPMHA), karena masyarakat merupakan elemen penting untuk penyelamatan lingkungan hidup serta menjaga nilai-nilai kearifan lokal,” ucap mewakili masyarakat yang ikut aksi M Sitanggang.

Disampaikan dia, bahwa Pemkab Samosir agar memberikan jaminan keamanan bagi Komunitas Bius Sitolu Hae Horbo Sijambur yang mengalami diskriminasi oleh pihak berwajib, seperti polisi kehutanan dan KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) terhadap akses pengelolaan tanah adatnya yang diklaim negara sebagai kawasan hutan negara.

“Pemangku kebijakan yang ada di Samosir harus ikut serta untuk menutup maupun menolak kehadiran PT. TPL di Tano Batak yang telah melanggar HAM seperti perampasan hak atas tanah adat, atas sumber kehidupan, lingkungan yang aman dan lestari,” ungkapnya.

Kemudian lanjut dia lagi, DPRD Samosir jangan hanya diam, maunnya memperjuangkan hak rakyat apa yang telah di sampaikan. (MR/156).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.