oleh

Pemilihan Ketua Wilayah II GBAI Kabupaten Maybrat Masa Bakti 2021-2026

METRORAKYAT.COM, MAYBRAT – Pemilihan badan pengurus wilayah II Gereja Baptis Anugrah Indonesia (GBAI) Kabupaten Maybrat provinsi Papua Barat periode 2021-2026.

Pemilihan tersebut berlangsung pada hari kedua saat konferensi II GBAI wilayah II kabupaten maybrat di gedung GBAI jemaat sukacita uter aitinyo rabu (01/12/2021).

Peserta yang mempunyai hak untuk memilih calon Ketua, Sekretaris, dan Bendahara Wilayah II GBAI Kabupaten Maybrat ini diambil berdasarkan rokol peserta konferensi II yang dilakukan usai pembukaan.

Peserta tersebut merupakan utusan jemaat definitif berjumlah 5 orang/jemaat dan pos Pi berjumlah 3/ orang Jemaat serta Pengurus wilayah II Demisioner berjumlah 5 orang.

Adapun calon yang mengikuti pertarungan untuk merebut posisi jabatan Ketua, Sekretaris dan Bendahara Wilayah II GBAI Kabupaten Maybrat merupakan utusan setiap jemaat. Utusan tersebut dibuktikan dengan Rekomendasi yang di berikan oleh Setiap jemaat.

Proses pemilihan Bedasarkan Tata tertip yang di tetapkan dalam sidang pleno 3 sehingga tahapan yang dilakukan dalam mekanisme pemilihan yaitu Pengajuan Bakal Calon, Ferifikasi Berkas bakal calon, penetapan calon tetap, penyampaian Visi dan Misi serta pemilihan. Pemilihan tersebut dilakukan dengan mekanisme pemilihan secara terbuka dan rahasia dimana satu peserta Hanya menggunakan masing masing satu surat suara untuk memilih calon ketua, Sekretaris dan Bendahara Wilayah II GBAI Kabupaten Maybrat.

Calon ketua wilayah yang di usulkan berjumlah 7 Orang dan 5 orang hadir. Dari 5 orang tersebut setelah menyatakan sikap untuk siap bertarung maka 1 orang menyatakan dirinya tidak siap bertarung sehingga yang siap bertarung untuk merebut ketua wilayah II GBAI Kabupaten Maybrat berjumlah 4 orang.

Lanjut calon sekretaris wilayah yang diusulkan berjumlah 6 orang, dari 6 orang tersebut saat menyatakan sikap siap bertarung maka 4 orang mengatakan tidak siap bertarung sehingga yang siap bertarung untuk merebut sekertaris wilayah II GBAI Kabupaten maybrat berjumlah 2 orang.

Sedangkan calon bendahara wilayah yang diusulkan berjumlah 9, dari 9 orang tersebut menyatakan sikap siap bertarung maka Orang 4 menyatakan sikap tidak siap bertarung sehingga yang siap bertarung untuk merebut bendahara wilayah II GBAI Kabupaten maybrat berjumlah 5 orang.

Setelah dilakukan pemilihan Calon Ketua masing-masing memperoleh suara sebagai berikut :
Ev Marthen Iek,S.Pd calon Nomor Urut 1 memperoleh 26 suara, Drs Adam Antoh,M.Kes Calon nomor urut 2 memperoleh 24 suara, Yunus Sangkek,S.Ip calon nomor urut 3 memperoleh 7 suara dan Ev. Melkianus Howay calon nomor urut 4 memperoleh 9 suara.

Sehingga dari hasil perolehan suara dari masing masing calon maka Ev Marthen Iek,S.Pd ditetapkan sebagai ketua umum wilayah II GBAI Kabupaten Maybrat provinsi Papua Barat periode 2021-2026.

Sedangkan untuk calon sekretaris dilakukan pemilihan masing-masing memperoleh suara sebagai berikut :
Ev Ortisan Woraith calon nomor urut 1 memperoleh 11 suara dan Dewianti Sangkek,S.Si calon Nomor Urut 2 memperoleh 53 suara. Maka dari hasil perolehan suara tersebut Ibu Dewianti Sangkek,S.Si ditetapkan sebagai Sekertaris Umum Wilayah II GBAI Kabupaten Maybrat provinsi Papua Barat periode 2021-2026.

Dan untuk calon bendahara dilakukan pemilihan masing-masing memperoleh suara sebagai berikut :
Ibu Suster Kormince Wafom calon nomor urut 1 jumlah perolehan 18 suara, Ibu Sophia Efrira Isir,SE calon nomor urut 2 jumlah perolehan 18 suara, Ibu Yanti Bosawer, SE calon nomor urut 3 jumlah perolehan 6 suara, Suster Martafina Yaah,S.Kep calon nomor urut 4 jumlah perolehan 10 suara dan Anderson Sangkek,S.Pd calon nomor urut 5 jumlah perolehan 11 suara .

Namun dari hasil pemilihan Putaran pertama untuk Calon Bendara maka telah terdapat 2 calon yang memiliki jumlah perolehan yang sama maka dilakukan pemilihan putaran kedua untuk memilih kedua Calon Bendara yang memiliki jumlah suara sama. Adapun hasil pemilihan putaran kedua yaitu calon nomor Urut 1 Ibu Suster Kormince Wafom memperoleh suara sebesar 26 suara dan calon nomor urut 2 Ibu Sopia Erfira Isir,SE sebesar 31 Suara sehingga Ibu Sopia Erfira Isir,SE secara sah ditetapkan memenangkan pertarungan dan resmi menjabat Bendahara Umum Wilayah II GBAI Kabupaten Maybrat masa bakti 2021-2026.

Ketua umum BPP GBAI Rev.M.A.Jarollo,S.Th, kepada awak media bahwa pertama kita naikan ungkapan syukur kepada Tuhan, karena konferensi ini sekian kali tertunda dan baru dilaksanakan saat ini.

Kami bersyukur karena panitia yang telah membuat terobosan dengan iman karena Tuhanlah yang akan bersama sama sehingga acara ini bisa berlangsung walaupun tanggal 1 Desember ini merupakan Tahun Kramat bagi Orang papau.

Tujuan dari konferensi ini adalah untuk mengevaluasi 5 program kerja yang dilakukan pengurus demisioner baik yang sudah laksanakan bahkan belum dilaksanakan.

Tetapi juga melalui konvensi ini mereka memilih badan pengurus wilayah II Kabupaten Maybrat yang baru untuk dapat melaksanakan program yang telah ditetapkan dalam konferensi saat ini terutama program yang dibahas dari setiap komisi. komisi ini sendiri telah dibagi menjadi 4 komisi.

Lanjut kami selaku pimpinan mengikuti konferensi ini ada perubahan dimana ada anak anak mudah yang lebih banyak terlibat dalam komisi sehingga ada ide ide yang cemerlang jadi adalah sesuatu yang sungguh luar biasa dan ini bertanda bahwa GBAI wilayah II memiliki kerinduan untuk GBAI menjadi Gereja yang global.

Saya juga berpesan agar pemimpin yang sekarang ini agar bisa menyusun program kerja 5 tahun ke depan biarlah program yang menyentuh. Kemudian sebagai pengurus wilayah yang tentunya merupakan perpanjangan tangan badan pengurus pusat.

GBAI merupakan tempat bersejarah waktu sending Belanda mereka dapat melayani diwilayah ini khusus Maybrat.(MR/DESIANUS WATHO).

Breaking News