oleh

Kadis Kesehatan Sergai : Vaksinasi Dosis Satu Sudah Capai 73, 02 %, Kita Akan Terus Tingkatkan Persentasenya

METRORAKYAT.COM, SERGAI – Vaksinasi dosis satu di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut) saat ini sudah mencapai sekitar 73,02 %, dan kita berharap bisa lagi ditingkatkan untuk hari ini, karena kami terus menginput datanya.

Sementara untuk vaksin dosis dua sekitar 46 %, dan kita harus kejar target ini dalam waktu dekat kita berharap dapat mencapai sekitar 49 % atau 50 % dalam tahun ini.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai Selamat Hartono didampingi Kapus Teluk Mengkudu dr.Sri Eva Y Purba dan Camat Teluk Mengkudu Sri Wahyuni saat menghadiri kegiatan vaksinasi Ikatan Wartawan Online (IWO), di Kantor Desa Bogak Besar, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Sergai, Kamis (23/12/2021).

Dikatakannya, kebetulan untuk tahun ini ada target yang harus kita capai. Tetapi untuk tahun berikutnya tetap akan dilaksanakan vaksinasi ini, karena ada vaksin yang kita kerjakan sekarang jatuh temponya nanti di tahun depan.

“Jadi kita harus tetap laksanakan vaksinasi ini,” ujar Selamat Hartono.

Sambungnya, kalau untuk Kecamatan Teluk Mengkudu sendiri yang saat ini masih menggelar vaksinasi sudah mencapai 69 % lebih. Jadi tinggal sedikit lagi seperti yang kita dapat informasinya sekitar 0,6 % lagi.

“Ya…mungkin dalam beberapa hari ini mudah – mudahan bisa mencapai sekitar 70 persen,” ucap Selamat Hartono.

Terkait vaksinasi harapan kepada masyarakat, Selamat Hartono sebagai Kadis Kesehatan Sergai menghimbau masyarakat untuk mematuhi apa yang sudah disepakati bersama.

“Vaksinasi sudah disediakan, tenaga medis sudah disiapkan, semuanya sudah dipersiapkan dan kita bahkan datang berkunjung. Jadi tolong hargai kami juga, tolong bantu pemerintah bagaimana supaya kerja dan tujuan kita bersama itu bisa tercapai,” harapnya.

Kadis Kesehatan Sergai itu juga menjelaskan, bahwa vaksinasi itu sudah kita ketahui sendiri, kalau awalnya mungkin kita pikirkan resikonya dan lain sebagainya. Namun kita lihat sendiri sudah berapa banyak yang divaksin dan Alhamdulillah sejauh ini tidak ada kendala seperti itu.

“Saya mohon untuk kesehatan kita biar Kabupaten Sergai sehat, ayolah sama – sama kita ikuti program ini. Yang belum divaksin satu segera vaksin, yang belum lengkap vaksin kedua ikuti vaksin keduanya. Biar Kabupaten Sergai menjadi Kabupaten yang MAJU TERUS yaitu Mandiri, Sejahtera dan Religius dengan masyarakatnya yang sehat,” ungkap Selamat.

Saat disinggung tentang adanya cetusan bahayanya vaksin, Kadis Kesehatan Sergai itu menyebutkan bahwa vaksin ini justru untuk meningkatkan kekebalan dalam tubuh kita.

“Jadi kalau dibilang vaksin itu berbahaya tidak ada kita temukan, karena sudah berapa lama kita melaksanakan kegiatan ini. Alhamdulillah sejauh ini yang divaksin malah sehat – sehat aja, dan yang gak selera makan menjadi selera makan,” katanya lagi.

Masih kata Kadis Kesehatan, sebetulnya tidak ada masalah, ibu hamil, orang lansia juga tidak ada masalah. Kalaupun ada masalah yang kita lihat itu sebetulnya kebanyakan dari laporan tidak ada yang langsung efeknya karena itu.

“Tapi karena efek psikologis lain yang kadang membuat kita agak sedikit stres atau sebagainya, sehingga setelah divaksin kita merasa lemas,” terangnya.

Ketika wartawan metrorakyat.com mempertanyakan terkait apakah anak usia 6 tahun keatas sudah boleh divaksin, Kadis Kesehatan Sergai mengatakan untuk daerah yang vaksin satu mencapai 70 % dan untuk lansianya sudah mencapai 60 %. Maka sebetulnya daerah tersebut sudah diperbolehkan melakukan vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun.

“Cuman kalau Kabupaten Sergai itu direncanakan di tahun 2022 awal nanti di Januari kita sudah melaksanakan untuk vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun,” bilangnya. (MR/AS)