oleh

Antisipasi Gejolak Semeru,BPBD Kabupaten Malang Siaga Satu

METRORAKYAT.COM, MALANG – Pasca erupsi gunung Semeru yang Hingga saat ini belum usai,membuat Daerah tetangga Tepatnya Kabupaten Malang untuk selalu siaga satu , sewaktu-waktu imbas daripada gunung tersebut sampai ke Kabupaten Malang.

Maka dari itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang terus menyiagakan di tengah aktivitas erupsi Gunung Semeru.

Karena, sepanjang hari Kamis dini hari hingga sore, sudah dua kali gunung tertinggi di Pulau Jawa ini mengeluarkan guguran awan panas.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Sadono Iriawan mengatakan, pihaknya sejak awal pertama erupsi Gunung Semeru telah membentuk tim pemantauan secara berkala di wilayah Ampelgading dan Tirtoyudo.

Pihaknya juga telah menyiapkan Posko pemantauan yang terletak di dua kecamatan tersebut yang berfungsi untuk memantau secara berkala kondisi di lapangan.

“Menyikapi ini semua (bencana Semeru) Teman-teman BPBD sudah melalui operasi lapangan (Opslap) melakukan pemantauan secara berkala di dua Kecamatan yang berdekatan dengan Gunung Semeru, seperti Kecamatan Ampelgading dan Tirtoyudo,” Urainya

Masih kata Sadono “, Dan kesiapan tersebut sudah kami lakukan sejak erupsi Gunung Merapi yang pertama Kamis (16/12/2021) dinihari, dan sampai saat ini Kabupaten Malang dinyatakan aman dari erupsi Gunung Semeru,” kata Sadono saat dihubungi awak media, Sabtu sore (18/12/2021).

Selain pemantauan di dua wilayah terdekat, BPBD Kabupaten Malang juga melakukan pengerhs personel dan peralatan di Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang.yaitu dengan membantu mengbackup personil, peralatan dan angkutan di Kecamatan Pronojiwo atas perintah Pemprov Jawa Timur dan permintaan Pemkab Lumajang kepada Pemkab Malang. (MR/P.R).