oleh

Bupati Samosir Buka Kegiatan Workshop Pengenalan Teknologi Digital

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Kegiatan Workshop Pendampingan Pengenalan Teknologi Digital Kawasan Toba yang digelar oleh Direktorat Ekonomi Digital Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi Informasi (Kominfo) RI.

Acara yang di buka Bupati Samosir melalui Asisten Administrasi Umum (Asdum) Lemen Manurung berlokasi di Objek Wisata Huta Siallagan, Kecamatan Simanindo, Selasa (9/11/2021), Samosir.

Kegiatan diikuti oleh para pengelola Desa Wisata dari Desa Siallagan dan Sianjur Mulamula.

Direktur Ekonomi Digital Dirjen Aplikasi Informatika Kemen Kominfo RI, I Nyoman Adhiarna menyampaikan acara workshop yang dilaksanakan dalam rangka pengembangan dan peningkatan promosi pariwisata Desa Wisata di Destinasi Prioritas Pariwisata Indonesia, dimana kawasan Danau Toba.

Kehadiran Teknologi berperan penting guna mempermudah masyarakat di bidang sektor pariwisata.
Saat ini, industri dunia telah bergeser kearah industri digital 4.0 sehingga teknologi digital menjadi sebuah keniscayaan.

Dengan adanya egiatan ini, Kemenkominfo hadir guna memberikan pendampingan teknologi digital agar pengelola desa wisata mampu memberikan transformasi serta gebrakan teknologi sektor pariwisata.

Berharap peserta mampu membuat konten konten wisata menarik sebagai bahan promosi dalam mengenalkan, memasarkan dan menjual destinasi wisata.

Bupati Samosir melalui Asdam Lemen Manurung, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Direktorat Ekonomi Digital Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI yang telah memilih Samosir sebagai tempat pelaksanaan kegiatan dan kepada para peserta selamat mengikuti dengan baik, karena ini merupakan kesempatan
baik dalam peningkatan promosi wisata Samosir.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah mengubah secara keseluruhan industri pariwisata melalui media digital. Di era Go-Digital, informasi pariwisata dan ekonomi kreatif sangat mudah didapatkan dalam platform market place yang berprinsip pada ekonomi pasar. Maka dengan memiliki teknologi yang kuat, tentu merekalah penguasa industri pariwisata.

Bupati berharap Desa Wisata Siallagan dan Sianjur Mulamula siap menciptakan program virtual tour, baik yang difasilitasi oleh Pokdarwis, Bumdes, dan komunitas lainnya, sehingga desa-desa lain dapat membuat replikasi program dengan membentuk ekosistem lebih besar untuk promosi destinasi wisata Samosir. (MR/156).

Breaking News