oleh

Kongres Partai Buruh

METRORAKYAT.COM, JAKARTA -Rencana menghidupkan kembali Partai Buruh, agar bisa mengikuti Pemilu 2024, nampaknya diseriusi Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal,

Terbukti Deklarasi kebangkitan Partai Buruh dilaksanakan, Senin (4/10/2021) di Hotel Grand Cempaka, hingga Selasa (5/10/2021).

Dirinya memastikan, Partai Buruh akan melanjutkan visi saat pertama kali dibentuk. Namun dalam prosesnya, Said Iqba memandang perlu pengaturan ulang bentuk administrasi kepartaian. Disebutnya, Partai buruh dibangun oleh 54 konfederasi serikat pekerja di Indonesia, termasuk forum guru hingga tenaga honorer.

Said Iqbal menjelaskan, 11 organisasi buruh yang terlibat dalam deklarasi dan kongres akan memutuskan banyak hal mendasar yang berbeda dari Partai Buruh sebelumnya.

“Pada prinsipnya kongres akan mengesahkan badan pendiri Partai Buruh yang baru, atau pemilik partai buruh baru,” jelas Iqbal.

Lebih lanjut, Said Iqbal menerangkan bahwa kebangkitan Partai Buruh baru diinisiasi oleh 4 serikat pekerja terbesar yaitu KSPSI Andi Gane, KSPI, KSBSI, dan KPBI, serta 50 serikat pekerja tingkat nasional.
Menurut Said, Partai Buruh sudah memiliki kepengurusan di tingkat nasional, 100 persen tingkat provinsi, dan 80 persen tingkat kabupaten/kota. Kemudian, di tingkat kecamatan 35 persen, namun masih kurang 15 persen sesuai persyaratan Komisi Pemilihan Umum.

Adapun Partai Buruh diklaim memiliki 1.000 anggota di 403 kabupaten atau kota. Said melanjutkan, konstituen partai memiliki latar belakang sebagai buruh dari berbagai sektor, mahasiswa, hingga kaum marjinal.(MR/Rahmad).

Breaking News