oleh

Zahir Tinjau Lokasi Bencana Banjir dan Berikan Bantuan Sembako

METRORAKYAT.COM, BATU BARA – Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP didampingi Kaban BPBD Sa’ban, Kadis Kesehatan drg. Wahid dan kadis PUPR Khairul Anwar meninjau lokasi banjir, sekaligus memberikan bantuan beras kepada masyarakat, di Desa Bangun Sari, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Selasa (17/08/2021).

Ada 4 Kecamatan mengalami musibah bencana banjir diantara nya, yaitu : Kecamatan Nibung Hangus, Kecamatan Talawi, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kecamatan Sei Balai.Dan yang terdampak sekitar dua ribuan rumah warga dan ratusan hektare sawah.

Banjir terjadi diakibatkan hujan deras yang terus mengguyur dalam 3 hari ini dan air kiriman dari sungai yang berasal dari Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Asahan. Hal ini dikarenakan Kabupaten Batu Bara termasuk daerah yang rendah.

Dalam tinjauan ini, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP mengatakan, Bantuan sosial berupa sembako (beras, minyak, telur dan mie instan) agar dipercepat penyalurannya untuk masyarakat terdampak banjir. “Jangan menunggu besok-besok lagi,” tegasnya.

Tambahnya, Saya meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum agar segera menurunkan alat berat untuk melakukan pengerukan sungai dan parit. Sedangkan untuk penanganan banjir jangka panjang, memang harus ada pembenahan drainase secara besar-besaran. Tetapi dengan kondisi covid-19, anggaran pemerintah tidak mencukupi untuk hal itu.

” Saya juga bermohon kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar segera memberikan bantuan penanggulangan bencana Kepada Pemerintah Kabupaten Batu Bara. Untuk memperbaiki drainase dan banyak tanggul yang jebol akibat banjir. Mohon dibantu karena Kabupaten Batu Bara merupakan kawasan strategis Nasional,” jelas Zahir.

Sementara itu, salah satu warga mengatakan sungai yang ada disini agar bisa dibeko (dikeruk) karena di desa ini telah beberapa kali mengalami kebanjiran.

“Dan kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Batu Bara yang telah memberikan bantuan. Semoga banjir ini cepat surut,” ucap bu Darniati. (MR/PS)

Breaking News