Tekan Dampak Pandemi Covid-19, Bupati Surunuddin Desak Jajarannya Percepat Penyaluran Bansos

Tekan Dampak Pandemi Covid-19, Bupati Surunuddin Desak Jajarannya Percepat Penyaluran Bansos
Bagikan

METRORAKYAT.COM, ANDOOLO – Pandemi Corona Virus (Covid-19) yang menerpa Indonesia tak terkecuali di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) berdampak bukan hanya di sektor kesehatan namun juga berefek pada aspek sosial – ekonomi.

Dampak ini menghantam dan dirasakan keras masyarakat kurang mampu dan penduduk rentan lainnya. Tentunya Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel telah melakukan berbagai upaya demi meredam dan menanggulangi efek pandemi tersebut.

Olehnya itu juga, Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga ST MM mendesak jajarannya untuk mempercepat dan meningkatkan realisasi penyerapan seluruh Bantuan Sosial yang ada.

Bupati Surunuddin mengatakan agar bantuan diprioritaskan bagi warga desa terdampak Covid-19 yang belum mendapat sentuhan dana pemerintah atau jaring pengaman sosial lainnya.

Ia mengintruksikan jajaran Dinas terkait dan Pemerintah Kecamatan/Kelurahan/Desa untuk menyalurkan bansos sesegera mungkin.

Penegasan itu disampaikannya pada rapat virtual di Kantor Bupati Lt II yang di hadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Drs H Sjarif Sajang M.Si dan Plt Kadis Sosial Surdin L SE M.Si dan Kadis Dukcapil Drs Muh Yusuf secara luring dan para Camat secara daring.

“Saya intruksikan Dinas Sosial dan Camat percepat penyaluran Bansos baik PKH, BST, BPNT, Bantuan beras PPKM dan lainnya. Jangan terlambat sampai ke penerimanya,” tegas Bupati Surunuddin, dalam rapat yang didengar langsung para Camat di Kantornya masing masing melalui teknologi video conference, Senin (2/8/2021).

Kata Ia, langkah itu untuk mengurangi dampak krisis akibat pandemi covid-19 pada kelompok masyarakat paling rentan, khususnya bagi masyarakat yang belum tersentuh bantuan pemerintah.

Mendukung dan memperlancar penyaluran yang juga sebagai syarat mutlak yang musti dipenuhi penerima, Bupati meminta Disdukcapil, Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk aktif meningkatkan layanan kependudukan, khususnya bagi warga yang belum memiliki KTP-el.

Surunuddin juga meminta agar seluruh masyarakat Konsel masuk dalam satu data kependudukan terintegrasi berbasis NIK online, sehingga ketika ada bantuan bisa tersalurkan dengan cepat dan tepat sasaran.

“Selain itu, ikuti arahan regulasi proses penyaluran yang benar dan sesuai aturan yang berlaku ditengah kondisi saat ini, termasuk validasi dan sinkronkan antara data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) pusat dan yang ada didaerah, termasuk dengan non DTKS,” tukasnya.

Menutup rapatnya, kembali Bupati Surunuddin mengingatkan seluruh jajaran Pemerintah Kecamatan/Kelurahan dan Desa agar selalu bersinergi dan menghimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan ketat demi mencegah penularan wabah dan timbulnya cluster, apalagi adanya kasus varian virus baru.

Sementara Plt Kadinsos Konsel Surdin L dalam kesempatan tersebut melaporkan bahwa realisasi penyaluran Bansos jenis Bantuan Beras PPKM se-Konsel telah capai 100% dari 27.174 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). “Adapun Bantuan Sosial Tunai Program Keluarga Harapan (BST – PKH) secara keseluruhan yang berjumlah 17.207 KPM dan 17.958 KPM Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) telah terverifikasi oleh Kemensos dan pencairannya saat ini masih sedang berjalan,” tambahnya. (MR/Edy)

Metro Rakyat News