oleh

3 Tahun IWO Sergai Gelar Kegiatan Sosial Tanpa Dana APBD

METRORAKYAT.COM, SERGAI – DPD Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut) tidak pernah menyerah untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya kegiatan berbagi rezeki.

Sudah 3 tahun lama usia IWO Kabupaten Sergai, namun “setetes” pun dana APBD Sergai belum pernah mengalir, baik mendapatkannya dengan cara dihibahkan maupun mengajukan proposal kegiatan.

Waupun demikian Ketua IWO Sergai tidak akan pernah menyerah untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial di daerah Serdang Bedagai, dengan merencanakan pelaksanaan kegiatannya tidak pernah mengajukan proposal.

“Saya yakin Allah SWT akan memberikan rezeki dengan cara yang Dia kehendaki, untuk itu tetap bersabar dan berdo’a. Saya berbuat sesuai dengan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT dan tentunya harus mensyukuri nikmat yang sudah diterima,” kata Zuhari Ketua IWO Sergai dengan nada tenang kepada awak media, Minggu (15/8/2021).

Lanjutnya, meskipun keberadaan IWO dalam melaksanakan berbagai kegiatan tidak membebani Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), akan tetapi kita tetap mendukung yang namanya program pemerintah daerah dan siap menjadi garda terdepan dalam mensukseskan program pemerintah.

“Kita hanya berharap agar dana yang sudah dikelola oleh para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing dapat bermanfaat bagi masyarakat. Begitu juga anggaran yang diajukan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) hendaklah sesuai dengan kebutuhan dan tidak ada istilah “titipan” anggaran ke pos tertentu, mungkin itu melalui Camat, Kepala Bagian, Kantor, Badan dan Dinas.

Namun begitu kita yakin Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sangat jeli dalam tugasnya melakukan pemeriksaan penggunaan anggaran yang dipergunakan oleh BPKA Sergai dan dana yang telah dihibahkan.

“Kita masih yakin semua dana program kegiatan tidak ada yang “dititipkan” pengelola anggaran kepada Kepala OPD, dimana bisa menyulitkan bagi pengguna anggaran dalam membuat pertanggungjawaban, jika dana titipan itu bukan kepala OPD yang mempergunakannya,” ujarnya.

Sebagai Ketua IWO Sergai, ia mengharapkan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diterima oleh Pemkab Sergai dari BPK tersebut dapat kiranya dipertahankan.

Harapan lain sebut Zuhari, jangan sampai ada istilah penitipan anggaran kegiatan kepada OPD yang lain, dimana dananya bukan dipergunakan oleh penerima titipan anggaran tersebut.

Nah, di Hari Ulang Tahun IWO Ke – 9 ini, DPD IWO Sergai tetap merayakannya walau sangat sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dalam berbagai kegiatan berbagi rezeki kepada kaum dhuafa dan janda.

“Suksesnya perayaan HUT Ke-9 IWO ini tidak terlepas adanya bantuan dan kepedulian cukup tinggi dari Bupati Sergai H.Darma Wijaya, Wakil Bupati Sergai H.Adlin Umar Yusri Tambunan dan mitra kerja serta semua pengurus IWO Sergai,” pungkas Zuhari.(MR/AS)

Breaking News