Kadis Kominfo Samosir, Terkait Kerumunan Massa Saat Festival Budaya

Kadis Kominfo Samosir, Terkait Kerumunan Massa Saat Festival Budaya
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – PPKM Kedaruratan terkhusus untuk Jawa dan Bali yang diperketat utamanya untuk zona merah. Saat ini di Kabupaten Samosir tidak ada lagi desa yang zona merah namun kita tetap memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Hal itu disampaikan Kadis Kominfo Rohani Bakara selaku jurubicara Covid-19, Rabu (7/7/2021), Pangururan.
Dimana ada berbagai kalangan di media sosial, memosting berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir dapat memberikan contoh yang lebih baik, tentang pencegahan Covid 19 dan Covid Varian baru.

Saat kegiatan Festival sejatinya Pemkab mempertontonkan kerumunan dalam acara tersebut. Hal tentu menjadi pernincangan banyak yang tidak mengenakan masker atau tidak mematuhi Prokes bahkan terlihat dalam foto salah seorang anggota DPR tidak mengenakan masker. Seakan tidak peduli dengan keadaan Pandemi Covid semakin mengganas dengan begitu banyak korban yg berjatuhan.

Menurut warga M Simbolon dan Y Situmorang mengatakan bahwa mereka tidak menghargai program Pemerintah yang sudah menerapkan PPKM. Perlu kita warning untuk Samosir, pada hari Minggu (4/7), jumlah kasus baru terpapar Covid 19 di Samosir 18 orang dalam satu hari, sedangkan yang sembuh nihil dan 2 suspek, kumulatif 446 orang dan yang meninggal 18 orang. Hingga saat ini belum ada upaya konkret untuk mencegah penyebaran covid yang semakin hari semakin bertambah, ujar Yetti.

Menurut Rohani, tempat acara festival budaya di Kelurahan Siogung – ogung yang dilaksanakan hampir di Puncak Pusuk Buhit dengan prokes sedang sesi foto yang terlihat adalah sesaat setelah selesai makan siang dan hendak melakukan acara lanjutan ke Rumah Hela dan mereka kembali memakai masker.

Terkait data dalam satu hari ada yang terpapar 18 orang,  itu benar. Namun,  mereka bukan masyarakat Samosir tapi sedang berkunjung dan jelas kami informasikan hari itu. Pemkab bukan tidak bekerja untuk pencegahan covid saat ini. “Vaksinasi tetap dilaksanakan oleh nakes Pemkab Samosir, sama seperti yang dilaksanakan para satgas di seluruh Indonesia”, ungkapnya.

Jika ada kasus tetap ditangani dengan baik. Pemerintah berharap saling mambantu penanganan covid ini , baik melalui diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Dengan masa pandemi ini kita tidak vakum dalam kegiatan agar roda ekonomi boleh tetap berjalan. “Mari tetap laksanakan prokes dalam setiap aktivitas kita”, ajak Rohani.(MR/156).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.