Zahir Bersama Kemensos RI Gelar Sosialisasi Persiapan Pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial

Zahir Bersama Kemensos RI Gelar Sosialisasi Persiapan Pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial
Bagikan

METRORAKYAT.COM, BATU BARA – Bupati Batu Bara Ir. Zahir M.AP bersama Kemensos RI gelar Sosialisasi Persiapan Pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial yang dilaksanakan di Aula Rumah Bupati, Komplek Tanjung Gading, Sei Suka, Batu Bara, Sumatera Utar, Selasa (15/06/2021).

Dalam kata sambutan nya, Bupati Batu Bara Ir. Zahir, M.AP menyampaikan, terima kasih kepada Kementerian Sosial melalui Direktorat Pemberdayaan Sosial perorangan keluarga dan kelembagaan masyarakat yang telah menetapkan Kabupaten Batu Bara sebagai lokasi pusat Kesejahteraan sosial diantara 140 Kabupaten yang ditunjuk oleh Kementerian Sosial RI.

“Dukungan Kabupaten Batu Bara dalam program ini adalah mempersiapkan sarana Ruangan Sekretariat Puskesos-Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) Kabupaten, menyediakan bus layanan SLRT, menertibkan Perbup tentang penyelenggara sistem layanan dan rujukan terpadu untuk perlindungan sosial,” sebut Ir. Zahir.

Selain melalui puskesos yang mempunyai fungsi SLRT juga dapat mengidentifikasi keluhan dan kebutuhan masyarakat terhadap berbagai layanan sosial dan memantau penangan keluhan tersebut, sehingga dapat diselesaikan oleh pihak yang berwenang disetiap jenjang.

Sementara, Kementerian Sosial melalui Direktorat Pemberdayaan Sosial perorangan keluarga dan kelembagaan masyarakat yang diwakili DR.Joy menyampaikan, bahwa Kementerian Sosial telah mengembangkan Pusat Kesejahteraan Sosial
(Puskesos) sejak tahun 2006.

“Penyelenggara Puskesos tidak terlepas dari kemitraan dengan potensi sumber kesejahteraan sosial, baik Yang ada dilingkup pemerintah maupun non pemerintah. Karena itu semua ragam dukungan untuk penyelenggara Puskesos sangat diharapkan dari setiap OPD terkait dan mitra kerja pemerintah lainnya,” katanya.

Lebih lanjut, pelaksanaan Puskesos di daerah saat ini juga mengalami perubahan sebagai jawaban tantangan di era pandemi. “Seluruh pelayanan Puskesos diharapkan dapat mematuhi PROKES untuk mencegah dan memutus rantai penularan virus covid-19,” tutup Joy.

Turut dihadiri Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP, Direktur Jendral Pemberdayaan Sosial yang diWakili DR. Joy Yakin Tampubolon, M.Si Sebagai WidyaiSwara Utama Kementerian Sosial RI, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Drs.Erman Sarjana Putera Zakir beserta seluruh Kepala OPD Se-Kabupaten Batu Bara. (MR/PS)

Admin Metro Rakyat News