oleh

DPW KMDT Sumut Bersama BPODT Sukses Kegiatan Bersih Pantai Danau Toba

METRORAKYAT.COM, TOBA – Dewan Pengurus Wilayah Komite Masyarakat Danau Toba (DPW KMDT) Sumatera Utara bekerjasama dengan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) sukses melakukan gerakan bersih pantai danau toba, sabtu (19/06) di pantai pasir putih desa parparean 2, Kecamatan Porsea Kabupaten Toba.

Kegiatan bersih pantai danau toba ini berlangsung dengan baik melibatkan masyarakat, pelaku usaha dan para stakeholder.

Kegiatan dilakukan sejak pagi hingga sore hari dengan mengumpulkan sampah serta membersihkan rumput yang mengganggu pemandangan.

Dalam kegiatan tersebut peserta kegiatan bersih-bersih DPW KMDT Sumut menyatu dengan masyarakat sekitar pantai, turut serta dari kalangan mahasiswa Institut Tehnologi Del dan dari kalangan Pemerintah Kabupaten Toba.

Ketua DPW KMDT Sumut, Enni Martalena Pasaribu SH, MH, Mkn, CRA, mengatakan sasaran kegiatan ini adalah mendukung program Presiden Joko Widodo dalam percepatan pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang super prioritas. Sebagai wujud kepedulian masyarakat terhadap danau toba yang terjaga kebersihan pantainya. “Kita ingin menanamkan nilai-nilai sadar kebersihan kepada pelaku usaha wisata, masyarakat sekitar dan pengungjung agar saling sinergis menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan, ” kata Enni.

Enni Martalena Pasaribu juga mengajak masyarakaat sekitar untuk memanfaatkan pekarangan rumah masyarakat. Dengan membagikan bibit tanaman sayur bayam, kangkung dan kacang panjang kepada masyarakat untuk ditanam dipekarangan rumah masing-masing.

Selain itu juga melakukan kegiatan penanaman pohon mangga harum manis disekitar pantai lokasi kegiatan bersih-bersih. Penanaman pohon simbolik ini adalah sebuah gerakan untuk menyadarkan masyarakat akan arti pentingnya pohon yang tumbuh disekitar danau toba demi kelestarian danau toba.

Diharapkan dukungan penuh dari semua stakeholder yang ada di kawasan danau toba untuk ikut berpartisipasi dan secara sinergis bersama DPW KMDT Sumut melakukan aksi peduli danau toba secara panggilan jiwa. Sehingga rencana kegiatan di tujuh Kabupaten sekawasan danau toba dapat dilakukan secara rutin. “Jika sudah bisa kita lakukan secara rutin, maka kegiatan bersih-bersih danau toba dapat dimasukkan sebagai salah satu agenda pariwisata, momen kegiatan bersih-bersih ini untuk menghidupkan semua objek tujuan wisata dikawasan danau toba, ” kata Enni.

Mewakili Dirut BPODT, Ristyanto mengatakan kegiatan ini adalah awal yang baik. Sangat perlu mendapat dukungan masyarakat dikawasan danau toba. “Ini adalah awal yang baik, perlu dilanjutkan oleh masyarakat kawasan danau toba unutk tetap menjaga kebersihan danau toba dan kerjasama yang lebih baik kedepannya, ” kata Ristyanto. (MR/LM)

Breaking News