oleh

Dame Duma Ajak Masyarakat Helvetia Menjaga Kebersihan Sampah di Lingkungan Sekitar

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Kolaborasi antara lembaga Legislatif dan Eksekutif sangat diperlukan untuk menata wajah Kota Medan menjadi bersih, asri lebih baik lagi.

Untuk itulah anggota DPRD Kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung, mengajak warga Jalan Beringin II Kelurahan Helvetia Kecamatan Medan Helvetia, mengelolah sampah rumah tangga maupun sampah disekitar tempat tinggal mereka dengan baik dan bijak. Hal ini disampaikannya pada acara Sosialisasi Perda No.6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan, Minggu (26/46/2021).

Dikesempatan ini warga juga menyampaikan harapan mereka, atas kehadiran salah satu anggota DPRD Kota Medan  bisa membawa perubahan yang lebih signifikan. Terutama untuk penanganan sampah dan pelayanan publik agar bisa lebih baik lagi.

Politisi Partai Gerindra Medan ini pada kata sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi peraturan daerah ini wajib dilakukan sebulan sekali, oleh segenap anggota DPRD Medan yang berjumlah 50 orang.

Dalam kesempatan ini Duma menyampaikan, bahwa dirinya pada setiap Sosper hampir selalu membawakan masalah persampahan. Hal itu dilakukan untuk mendukung program Walikota Bobby disektor kebersihan dan banjir.

“Kita berharap, dengan gerak cepat Bobby-Aulia untuk merubah wajah Kota Medan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat dimasa yang akan datang,” katanya.

Dan sebaliknya, sambung anggota Komisi IV DPRD Medan, tanpa dukungan dari masyarakat mustahil program tersebut dapat tercapai.  “Contohnya, apabila sampah tidak dikelola dengan baik oleh masyarakat, bisa menimbulkan masalah banjir dan berbagai persoalan kesehatan lainnya,” jelasnya.

Dame Duma juga menyampaikan, saat ini Walikota Medan M Bobby Afif Nasution terus giat membersihkan parit dan sungai dari sampah. “Terutama pada aliran parit sulang saling yang kerab menimbulkan banjir. Sehingga air sungai tersebut, kini sudah bisa dimanfaatkan warga sekitar,” terangnya.

Duma pun menjelaskan lebih rinci, Perda No. 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah dan diharapkan kesadaran warga tidak membuang sampah sembarangan semakin berkurang.

“Di Perda ini sudah dijelaskan berbagai hal tentang pengelolaan sampah di Medan. Perda inilah yang menjadi acuan kita dalam mengelola sampah,” pungkasnya

Diakhir acara Dame Duma  membagikan sovenir kepada tamu undangan yang hadir.(MR/wan)

 

Breaking News