Raih Opini WDP, Pemko Tanjungbalai berupaya Keras Tingkatkan Kinerja Sesuai Mekanisme

Raih Opini WDP, Pemko Tanjungbalai berupaya Keras Tingkatkan Kinerja Sesuai Mekanisme
Bagikan

METRORAKYAT.COM, TANJUNGBALAI – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sumatera Utara.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI Perwakilan Sumut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Tanjungbalai Tahun Anggaran 2020 ini diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK Sumut, Eydu Oktain Panjaitan, S.E., M.M., Ak., C.A., CSFA kepada Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tanjungbalai, H. Waris Thalib S. Ag, MM dan Ketua DPRD Tanjungbalai, Tengku Eswin ST, pada Jumat, (28/5/2021) di aula kantor BPK RI Perwakilan Sumut.

Acara diawali dengan penandatanganan berita acara penyerahan LHP BPK RI Perwakilan Sumut oleh Kepala Perwakilan BPK Sumut, Plt Walikota Tanjungbalai, dan Ketua DPRD Tanjungbalai. Turut hadir acara itu yaitu : Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah, Asmui Rasyid Marpaung S.STP, M.AP, Inspektur Kota Tanjungbalai, Susanto SE, Sekretaris Dewan Mohd Juni Lubis SE, Kadis Kominfo Drs. Walman Riadi P Girsang M. AP dan OPD terkait.

Kepala Perwakilan BPK Sumut mengatakan, opini WDP terhadap LKPD Kota Tanjungbalai Tahun Anggaran 2020 ini telah sesuai syarat serta ketentuan hasil pemeriksaan yang dilaksanakan BPK RI Perwakilan Sumut selama kurun waktu yang ditentukan.

Eydu menyatakan, Pemko Tanjungbalai telah menunjukkan kepatuhan dan upaya perbaikan atas permasalahan-permasalahan, Meskipun katanya, BPK mencatat masih ada pada beberapa aspek permasalahan namun tidak begitu signifikan yang mempengaruhi penyajian laporan keuangan Pemko Tanjungbalai Tahun Anggaran 2020.

“Kami juga menyampaikan, apresiasi atas ketepatan waktu Pemko Tanjungbalai dalam menyerahkan laporan keuangan, yakni pada 30 Maret 2021,” Eydu.

Plt Walikota Tanjungbalai, H.Waris Thalib, mengungkapkan, rasa syukurnya dan terimakasih atas opini WDP yang diberikan BPK terhadap LKPD Pemko Tanjungbalai Tahun Anggaran 2020 ini.

Menurut Plt Walikota lagi, ini adalah sebuah bentuk apresiasi dan prestasi serta amanah yang didasari atas peran serta dan tanggung jawab aparatur negara dalam melaksanakan seluruh program dan kegiatan yang pada akhirnya disajikan dalam bentuk laporan keuangan

“Kami berprinsip, opini ini harus terus ditingkatkan dan menjadi kinerja kami agar terus meningkat yang lebih baik hingga bisa meraih Opini WTP nantinya,” ujar Plt Walikota seraya mengatakan, Pemko Tanjungbalai akan menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan BPK atas opini yang telah diserahkan hari ini

Plt Walikota, H.Waris Thalib juga mengatakan, Pemko Tanjungbalai akan berupaya dengan keras untuk meningkatkan kinerja dan mengikuti mekanisme yang ada sesuai peraturan perundangan, Karena itu, Plt Walikota akan sangat berterimakasih dan senantiasa mengharapkan masukan dan saran dari BPK serta pengawasan dari DPRD Tanjungbalai, jelasnya

Usai acara penyerahan LHP LKPD Kota Tanjungbalai Tahun Anggaran 2020 ini, Plt Walikota Medan ikut membubuhkan tanda tangan dukungan, pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih melayani di atas baliho yang dipampangkan di salah satu bagian dinding kantor BPK Perwakilan Sumut.(mr/Ade)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.