Bupati Samosir Minta Dukungan BPODT Pembangunan Kampung Batak di Pusuk Buhit

Bupati Samosir Minta Dukungan BPODT  Pembangunan Kampung Batak di Pusuk Buhit
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Bupati Samosir, Vandiko T Gultom didampingi Wakil Bupati (Wabup) Martua Sitanggang berharap dukungan BPODT guna membangun Perkampungan Lima Puak Batak di Lereng Pusuk Buhit Kabupaten Samosir.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir yang akan berencana membangun pusat peradaban batak di daerah perbukitan Pusuk Buhit bersamaan dengan perkampungan lima Puak Batak di lereng gunung Sigulatti.
“Untuk itu Bupati meminta dukungan dari Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu).

Dalam hal ini, Bupati sampaikan ketika melakukan pertemuan dengan jajaran Direksi BPODT di Medan kemarin.

“Usulan merupakan salah satu yang disampaikan Bupati terkait pembangunan perkampungan lima puak Batak, dengan harapan dapat mengkokohkan kawasan Pusuk Buhit sebagai asal muasal orang Batak,” papar Kepala Bappeda Kabupaten Samosir.
Selain itu, ada beberapa usulan disampaikan ke BPODT diantaranya pembangunan jalan lingkar pesisir Danau Toba, untuk konektivitas 7 kabupaten yang mengelilingi Danau Toba.

Tidak itu saja, pembangunan toilet premium di Bukit Holbung Sipege, pembangunan bisnis home stay di Desa Wisata yakni Desa Hariara Pohan dan Desa Sosor Dolok.

Lalu, pembangunan Base Transceiver Station (BTS) di wilayah blank spot dan penyediaan internet (free wifi) di daerah objek wisata hingga pasar UMKM dan jajanan kuliner. (MR/156)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.