oleh

Pemkab Samosir Raih Opini WTP Atas LHP-LKPD dari BPK RI Tahun 2020

SHARE
58 views

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir telah memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) perwakilan Sumut atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Kauangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Samosir kurun waktu 4 tahun berturut-turut.

Kepala BPK RI perwakilan Sumut Eydu Oktain Panjaitan, menyerahkan LHP Atas LKPD Samosir tahun 2020 kepada Pj Bupati Harianto Butar-butar di kantor BPK RI Perwakilan Sumut Medan, Jumat (16/4/2021).

Dikesempatan itu hadir Sekdakab Jabiat Sagala, Wakil Ketua DPRD Pantas Marroha Sinaga, Kepala BPKA Jandri Sitanggang, Asisten III Lemen Manurung, dan Kepala Bappeda Samosir Rudi AP Siahaan. Kepala BPK RI Perwakilan Sumut Oydu Oktain Panjaitan mengapresiasi kinerja Pemkab Samosir yang sigap dan tanggap menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Kita sangat mengapresiasi Pemkab secara sigap menyelesaikan temuan BPK RI Perwakilan Sumut dalam waktu yang relatif singkat. Ini merupakan prestasi yang harus dipertahankan Pemkab untuk pengelolaan dan laporan pertanggung jawaban dalam penggunaan anggaran,” ucap Oydu.

Selain itu Oydu menyampaikan, Pemkab sangat pantas mendapatkan predikat top dalam laporan keuangan pemerintah daerah.

“Kita harap Pemkab Samosir dapat mempertahankannya lagi di masa-masa yang datang untuk bisa menjadi contoh bagi daerah lain,” harapnya.

Pj Bupati Samosir Harianto Butar-butar, mengatakan LHP atas LKPD Kabupaten Samosir tahun 2020 meraih opini WTP ke -4 kalinya, menjadi bagian penting dalam roda pemerintahan.

“Laporan LKPD ini adalah hasil kerjasama seluruh pihak baik para kepala OPD, DPRD dan lainnya. Ini bisa diselesaikan dan mendapat penilaian WTP berkat dukungan dan kerjasama seluruh pihak,” ungkap Bupati.

Sementara Ketua DPRD Samosir Saut M Tamba yang menyampaikan atas capaian opini WTP atas LKPD Kabupaten Samosir ini merupakan kado terindah buat Samosir.

“Dengan pencapaian opini WTP ke-4 kali berturut-turut, pembangunan Samosir, semakin lebih baik dan kesejahteraan masyarakat Samosir dapat terwujud,” ungkapnya.

“Kedepan Pemkab Samosir, diminta terus berkarya meningkatkan kualitas pembangunan melalui perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah,” imbuhnya. (MR/156)

Breaking News