oleh

Pemangku Jabatan di Sumut Sepakat Tingkatkan Ekspor Daerah

SHARE
159 views

METRORAKYAT.COM, KAUALANAMU – Pemangku jabatan di Sumut menyatakan sepakat untuk meningkatkan ekspor daerah. Hal ini disampaikan pejabat tersebut pada acara Deklarasi Kolaborasi peningkatan ekspor daerah yang berlangsung di Gedung DJBC Bandara Kualanamu Deli Serdang, Selasa (27/4/2021).

Deklarasi yang diinisiasi DJBC (Bea cukai ) Bandara Kualanamu, BKIPM Medan I dan Balai karantina pertanian kelas II Medan ini diikuti Kepala DJBC Sumut, Ambang Priyangga, Kepala DJBC Kualanamu, Elfi Haris, Kepala Badan karantina ikan dan pengendalian mutu (BKIPM) Medan I, Muhammad Burlian, Kepala karantina pertanian kelas II Medan, Putu Gede Widiarsa, perwakilan Kadis Perindagsu, Distan Sumut, Diskanla Sumut, Otban, AP II, LPEI, Bank Indonesia Sumut, AOC , Garuda, PT.Pos dan undangan lainnya.

Kepala Kantor Bea Cukai Kualanamu, Elfi Haris didampingi kepala BKP ,Putu Gede Widiarsa dan Kepala BKIPM, Muhamad  Burlian BKIPM menerangkan bahwa dengan adanya deklarasi kolaborasi peningkatan ekspor daerah diharapkan dapat mengurangi in-efisiensi dalam layanan ekspor dan menimbulkan daya dorong yang kuat dalam meningkatkan eksportasi serta meningkatkan peluang Industri Kecil Menengah (IKM).

Dilanjutkannya,hal ini juga berpotensi untuk merealisasikan ekspornya sehingga sangat membantu meningkatkan perekonomian negara dan daerah asal ekspor, terlebih lagi dalam kondisi pandemi COVID-19.

Elfi Haris juga mengatakan Bea Cukai akan terus mendorong potensi ekspor daerah bekerja sama dengan kementerian/Lembaga lainnya, pemerintah daerah, dan para penggiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

Hal ini merupakan salah satu bentuk Gerakan pemulihan ekonomi nasional untuk memastikan roda perekonomian tetap berputar disaat mengalami gangguan akibat COVID-19.Sementara itu Kepala BKIPM Medan I , Muhamad Burlian mengatakan Badan karantina dan pengendalian mutu hasil perikanan(BKIPM)berkomitmen bahwa setiap program dan kegiatannya dapat berkontribusi dalam memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat kelautan dan perikanan yang di masa Pandemi Covid -19 yang sampai saat ini belum berakhir,katanya.

Satu diantara kebijakan BKIPM dalam upaya membangun Publik awarenes 

adalah penyelenggaraan kegiatan bulan mutu karantina ikan di mana pada tahun 2021 mengangkat tema ‘ikan sehat bermutu untuk mendukung pemenuhan protein masyarakat dengan beberapa rangkaian kegiatan di 

Antaranya adalah BKIPM peduli sosial,BKIPM Peduli lingkungan dan pekan pelayan publik sehingga di harapkan dengan kegiatan Deklarasi Kolaborasi ini dapat memberikan sekaligus mendapat dukungan penuh dari  berbagai pihak dalam upaya peningkatan ekspor dan terwujudnya program pemulihan ekonomi nasional daerah Sumatera Utara secara khusus yang di lalulintas kan melalui bandara Kualanamu,Paparnya.acara ini di rangkai dengan pelepasan ekspor Kepiting bakau ke China.(mr/id)

Breaking News