oleh

OJK dan Pemprovsu Gelar Coaching Clinic Dorong TPAKD Se-Sumut

SHARE
67 views

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menggelar Choching Clinic gyna mendorong Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten/Kota se- Sumatera Utara untuk berperan aktif guna pengembangan perekonomian.

Dalam rangka penguatan koordinasi dan capacity building pengurus dan anggota TPAKD seluruh kabupaten/kota se-Sumut khususnya terkait asistensi penyusunan Laporan Triwulanan TPAKD, OJK Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara (KR5 Sumbagut) bekerja sama dengan Pemprovsu kembali menggelar kegiatan Coaching Clinic TPAKD se-Sumut secara virtual zoom 1 April 2021.

Coaching Clinic TPAKD merupakan kelanjutan dari capacity building pada bulan Januari 2021 lalu yang dinilai efektif mendorong peran aktif TPAKD Kabupaten Kota Se-Sumut untuk perumusan program kerja TPAKD.

Dikesempatan itu hadir Wakil Koordinator TPAKD Provsu Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Arief Sudarto Trinugroho, MT menyampaikan apresiasi kepada OJK KR5 Sumbagut yang senantiasa berkomitmen mendampingi Pemprovsu dalam merealisasikan kegiatan bersama untuk mendorong TPAKD yang telah terbentuk di seluruh 33 Kabupaten/Kota dapat aktif menjalankan tugas dan fungsinya terutama untuk memperluas akses keuangan di daerah dan mendukung percepatan pemulihan ekonomi daerah.

“Untuk mendorong peran aktif 33 TPAKD kabupaten/kota Sumut TPAKD Provsu melalui dukungan OJK KR5 Sumbagut sudah melaksanakan beberapa kali kegiatan Coaching Clinic, FGD dan Bimbingan Teknis pada tahun 2021, mulai dalam rangka asistensi penyusunan program kerja, sosialisasi Roadmap TPAKD 2021 – 2025, pelatihan pendataan UMKM potensial, hingga asistensi penyusunan laporan triwulanan TPAKD sebagaimana yang kita lakukan saat ini”, papar Arief.

Kemudian, TPAKD Provsu saat ini juga sedang menyusun kerangka acuan untuk melaksanakan TPAKD Award tingkat Kabupaten/Kota di Sumut sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap kinerja yang dicapai oleh TPAKD Kabupaten/Kota. Beberapa rencana indikator yang akan menjadi penilaian antara lain: Realisasi Program Kerja, Pelaksanaan Rapat Koordinasi/Pleno, Penyampaikan Laporan Triwulanan, Inovasi, serta keterlibatan kepala daerah dalam menyukseskan program kerja TPAKD masing masing Kabupaten/Kota,”tambah Arief.

Andi Muhammad Yusuf, Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK, dan Kemitraan Pemerintah Daerah mewakili OJK Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara, menyampaikan apresiasi secara khusus kepada seluruh TPAKD Kabupaten/Kota, yang pada tahun 2021 telah menyusun dan mulai menjalankan program kerja masing-masing sebagai tindak lanjut dari Coaching Clinic TPAKD pada bulan Januari 2021 lalu dan berharap melalui Coaching Clinic kali ini setiap TPAKD Kabupaten/Kota dapat menjalankan kewajiban penyampaian Laporan Triwulanan TPAKD secara tepat waktu dan sesuai dengan Buku Pedoman TPAKD sebagai wujud akuntabilitas dan tata kelola yang baik.

“Akuntabilitas pelaksanaan program kerja TPAKD tercermin pada penyampaian Laporan Triwulanan TPAKD kepada Kepala Daerah, Kemendagri, Pemprovsu, dan OJK yang disusun oleh Koordinator dan Sekretaris TPAKD Kabupaten/Kota. Laporan dimaksud tidak hanya untuk memenuhi kewajiban pelaporan, namun akan sangat berguna bagi masing-masing pemerintah daerah untuk memonitor dan mengevaluasi kondisi, permasalahan, potensi pengembangan sektor ekonomi, UMKM, dan perkembangan akses keuangan daerah. Laporan triwulanan ini juga akan menjadi dasar penilaian kinerja TPAKD dalam pelaksanaan evaluasi kinerja dan penyelenggaraan TPAKD Award setiap tahunnya,”tutup Andi. (MR/156)

Breaking News