oleh

DPRD Kab Samosir Hadiri Peletakan Pembangunan Tugu Keturunan Sagala Raja

SHARE
42 views

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Marroha Sinaga dan anggota Jonni Sagala menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Tugu/Monumen Sagala Raja.

Lokasi pembangunan terletak di Desa Sagala Gindolok, Kec Sianjur Mula-mula Samosir, 5/3/2021).

Selain anggota DPRD turut hadir Plh Bupati
Samosir Jabiat Sagala dan Calon Bupati Samosir Vandiko T Gultom.

Acara diawali kebaktian  dipimpin Pdt. Perwin Manullang S.Th dengan berthema ‘Kerukunan yang Sejati’.

“Dengan dimulainnya pembanunan monumen tersebut, Sagala Raja dan boru semakin hidup rukun serta damai”.

Wakil Ketua DPRD Pantas Marroha Sinaga menyampaikan mendukung pembangunan Tugu/Monumen yang sudah lama dicita-citakan keturunan Marga Sagala diseluruh dunia.

Dimana Marga Sagala merupakan marga tertua di suku Batak Toba khususnya dari Sianjur Mula-mula yang diyakini asal muasal orang Batak.

“Harus kita dukung dan semoga menjadi destinasi wisata Sejarah dan budaya,” paparnya.
Dengan hadirnya Monumen Sagala Raja menambah ikon wisata maupun pemersatu marga Sagala Raja di seluruh dunia, imbuh Pantas M Sinaga.

Sementara Raja Bius Marga Sagala, Halomoan Sagala menyampaikan dengan berdirinya Tugu ini, menunjukkan persatuan dan kesatuan marga Sagala dimanapun berada serta ingat kampung halaman.

“Setelah nantinya diresmikan maka keturunan Sagala Raja akan semakin kompak dan ingat pulang kampung,” jelas Halomoan

Sambungnya, berharap pembangunan Tugu menjadi ikon pariwisata di Samosir dan Sianjur Mula-mula secara khusus.

Sedangkan Plt Sekretaris Punguan Sagala Raja se-Indonesia Reinhard Sagala mengatakan dengan dibangunnya Tugu ini bisa menjadi daya tarik untuk kawula muda mengingat kampung halamannya.

Sementara Anggota DPRD Samosir Jonni Sagala menambahkan bahwa acara tersebut merupakan hal yang sudah lama digagasi, baik perantau maupun yang tinggal di Bonapasogit (kampung halaman), mudah mudahan dengan ada monumen ini bisa jadi alat pemersatu dan anak rantau dapat kembali mengingat kampung halaman,” ucap Jonni. (MR/156)

Breaking News